Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Tanaman Hias Saat Cuaca Panas agar Tidak Stres

Kompas.com - 06/06/2023, 12:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas bisa mengganggu kehidupan dan pertumbuhan tanaman hias. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman hias saat cuaca panas agar tanaman tidak stres.

Dikutip dari Express UK, Selasa (6/6/2023), Dani Turner, customer experience director di toko bunga online Bunches, berbagi tips merawat tanaman hias indoor dan luar ruangan saat cuaca panas.

Menurut Turner, waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah pagi-pagi sekali. Menyiram tanaman secara menyeluruh sebelum cuaca semakin panas memungkinkan air mengalir melalui tanah sampai ke akar memastikan tanaman tidak kehilangan air karena penguapan.

Baca juga: 11 Tanaman Hias yang Menyukai Sinar Matahari Langsung

Ilustrasi tanaman hias di ambang jendela.SHUTTERSTOCK/SUMMER 1810 Ilustrasi tanaman hias di ambang jendela.

Untuk tanaman dalam ruangan, Turner merekomendasikan untuk tidak menyiram terlalu banyak, karena terlalu banyak air dapat menyebabkan busuk akar.

Untuk tanaman hias, imbuh dia, sebagai aturan umum, penyiraman mingguan akan memberikan semua kelembapan yang dibutuhkan tanaman.

Dalam cuaca yang sangat panas, tanaman mungkin perlu diposisikan ulang agar jauh dari sinar matahari langsung. Turner mengungkapkan, daun-daun tanaman rentan terbakar matahari.

Cara terbaik untuk menghindari ini adalah dengan memindahkannya dari jendela dan lebih jauh ke rumah. Ini membantu melindungi tanaman dari sinar matahari yang keras.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Mengurangi Kelembapan di Rumah

Tanaman dalam pot juga dapat dipindahkan dari lokasi yang terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam setiap hari.

Turner juga merekomendasikan untuk tidak melakuka repotting, pemangkasan atau pemupukan sampai setelah cuaca panas berlalu karena hal ini dapat menyebabkan tanaman stres.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com