Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang yang Harus Dicuci Sebelum Digunakan, Kenapa?

Kompas.com - 05/06/2023, 17:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang malas mencuci barang baru yang dibeli sebelum menggunakannya lantaran masih terlihat bersih dan tergoda ingin langsung memakainya.

Padahal, meski terlihat bersih, mencuci barang yang baru dibeli sebelum digunakan wajib dilakukan. Pasalnya, barang-barang ini tidak sebersih yang Anda lihat. 

Baca juga: 6 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dapur

Barang-barang ini bisa terkena debu, kotoran, maupun sisa-sisa noda dari proses pembuatan dan pengemasan. Karena itu, penting mencucinya terlebih dulu sebelum digunakan

Nah, dikutip dari The Spruce, Senin (5/6/2023), berikut enam barang yang harus dicuci sebelum digunakan menurut para ahli.

Peralatan dapur dan makan

Ilustrasi piring.PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi piring.
Para ahli sepakat bahwa apa pun yang digunakan untuk menyiapkan, menyajikan, atau menyimpan makanan harus dicuci sebelum digunakan untuk pertama kalinya.

Ini termasuk peralatan minum, seperti gelas dan botol air, peralatan makan, piring dan mangkuk, wadah penyimpanan, serta peralatan masak, sepert panci dan wajan. 

Justin Carpenter, pemilik perusahaan pembersih Modern Maids yang berbasis di Houston, Amerika Serikat (AS), mengatakan pencucian cepat akan membantu memastikan debu dan partikel sisa dari proses pembuatan dan pengemasan telah dibersihkan dan tidak masuk ke makanan Anda. 

Baca juga: Catat, 6 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Garasi

Seprai

Seprai menjadi salah satu barang yang harus dicuci sebelum digunakan. Jaga tempat tidur tetap bersih dan higienis dengan memastikan selalu mencuci seprai baru sebelum menggunakannya.

Menurut Delah Gomasi, CEO MaidForYou, barang-barang ini ada dalam daftar wajib dibersihkan untuk memastikan sisa bahan kimia, kotoran, dan kotoran yang mungkin terbawa dari pabrik atau proses pengangkutan dihilangkan.

"Anda akan terkejut melihat betapa kotornya lantai pabrik dan kuman serta patogen ini dapat dengan mudah masuk ke seprai barua," ucap Gomasi. 

Baca juga: 7 Cara Mengemas Barang Saat Pindah Rumah Tanpa Merusaknya

Alat pembersih

Ilustrasi sapu, menyapu lantai.SHUTTERSTOCK/GBJSTOCK Ilustrasi sapu, menyapu lantai.
Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tapi menjadi barang yang harus dicuci sebelum digunakan. Anda harus mencuci alat pembersih, seperti kain pel, kain serat mikro, kemoceng, bahkan spons sebelum menggunakannya untuk pertama kali.

Hal ini karena alat pembersih dapat menyerap debu dan bakteri dari proses pembuatannya.

Namun, kata Rebeca Medina, pemilik Tidy Home Cleaning Services di Houston, AS, karena barang-barang ini dirancang khusus untuk menangkap dan menahan debu dan partikel kecil lainnya, sangat rentan terhadapnya, bahkan lapisan kecil residu juga dapat mempengaruhi keefektifan barang-barang tersebut. 

"Pastikan mencuci kain mikrofiber secara terpisah dari kain lain untuk memastikannya tidak tersumbat serat dan jangan gunakan pelembut kain atau Anda akan meninggalkan lapisan residu yang mirip dengan apa yang Anda coba hilangkan sejak awal," ujar Medina. 

Baca juga: 8 Barang yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Mesin Pengering

Handuk

Handuk berfungsi mengelap dan mengeringkan tubuh. Tak heran, mudah kotor dan lembap. Meski handuk baru itu terlihat bersih, ini tetap menjadi barang yang harus dicuci sebelum digunakan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com