Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang Dapat Mengurangi Kelembapan di Rumah

Kompas.com - 02/06/2023, 17:25 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA KOMPAS.com - Tanaman hias menjadi salah satu pilihan untuk mendekorasi ruangan. Selain mempercantik, tanaman hias juga menyegarkan dan menghidupkan ruangan.

Tidak hanya itu, beberapa tanaman hias bisa menjadi pilihan tepat untuk memerangi jamur dan kelembapan.  

Dilansir dari Homes & Gardens, Jumat (2/6/2023), berikut lima tanaman hias yang dapat mengurangi kelembapan di rumah.

Baca juga: Catat, Ini 7 Cara Mengurangi Kelembapan Berlebih di Rumah

Peace lily

Ilustrasi tanaman peace lily.SHUTTERSTOCK/PHOTOLIFE_STYLE Ilustrasi tanaman peace lily.
Peace lily atau lili perdamaian adalah tanaman hias dengan perawatan rendah yang tumbuh subur di lingkungan  hangat dan lembap, seperti kamar mandi dan dapur. Tanaman ini menyerap kelembapan di udara melalui daunnya.

Angela Slater, gardening expert di Hayes Garden World, mengatakan peace lily tersedia dalam bentuk spesimen besar. Semakin besar tanamannya, semakin efektif menghilangkan jamur.

Ia melanjutkan, peace lily juga efektif menghilangkan racun di udara dan menukar karbon dioksida dengan oksigen. 

Untuk merawatnya, jauhkan dari sinar matahari langsung dan jaga agar tetap lembap. "Penting diperhatikan, peace lily harus dijauhkan dari hewan peliharaan karena daunnya beracun jika tertelan," kata Angela.

Baca juga: 8 Manfaat Tanaman Peace Lily, Bersihkan Udara hingga Cegah Jamur

Palem

Angela mengatakan ada berbagai macam palem yang dapat membantu menghilangkan kelembapan dan mencegah jamur, seperti areca palm, bamboo palm, dan lady palm.

"Palem akan membutuhkan posisi terang dan cerah di rumah, tapi akan menoleransi tingkat kekeringan tertentu, jadi sangat ideal untuk pemula," kata Angela.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Palem di Dalam Ruangan

Spider plant

Ilustrasi tanaman lili paris atau tanaman laba-laba. SHUTTERSTOCK/BOZHENA MELNYK Ilustrasi tanaman lili paris atau tanaman laba-laba.
Spider plant atau tanaman laba-laba dapat membersihkan udara di sekitarnya. Holly Crossley, house plant expert di Homes & Gardens mengatakan, tanaman ini menghilangkan racun di udara, seperti spora jamur, serta menyerap kelembapan berlebih untuk menyeimbangkan kembali udara dalam ruangan.

Ia menambahkan, spider plant merupakan salah satu tanaman hias yang paling mudah tumbuh dari stek sehingga mudah menumbuhkan tanaman Anda sendiri dan mengelompokkannya untuk meningkatkan keefektifannya.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Spider Plant, Tak Perlu Perhatian Khusus

Lidah mertua 

Menurut Angela, snake plant atau lidah mertua adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang paling mudah dirawat, tumbuh subur dengan sedikit pengabaian, dan membuatnya ideal untuk pemula.

"Tidak hanya membantu menghilangkan jamur, lidah mertua juga menghilangkan racun yang terbawa udara dari produk pembersih," kata Angela.

Tanaman ini juga bisa dibeli sebagai spesimen besar. Angela menyarankan membeli yang besar atau mengelompokkan tiga ukuran berbeda menjadi satu.

Tidak hanya lebih efektif menghilangkan jamur, tapi juga terlihat menarik secara estetika. 

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Lidah Mertua, dari Kerdil hingga Tinggi

Pakis Boston

Pakis Boston adalah salah satu tanaman kamar mandi terbaik karena dapat tumbuh subur di tempat dengan kelembapan tinggi.

Holly Crossley mengatakan tanaman ini secara alami menyerap kelembapan yang tersisa di udara melalui daunnya untuk membantu menyeimbangkan tingkat kelebapan di rumah.

"Pastikan membiarkannya terkena sinar matahari tidak lagnsung dan menyiraminya secara tetatur agar tetap terlihat bagus dan menyaring secara efektif," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com