Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjaga Makanan Tetap Segar?

Kompas.com - 20/09/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Memeriksa suhu kulkas mungkin tidak termasuk dalam daftar tugas rumah tangga yang harus Anda lakukan.

Namun, menurut para ahli peralatan, ini adalah hal yang harus diperhatikan jika ingin dapur bekerja baik. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Membersihkan Dispenser Air Kulkas

Kita semua terbiasa mengatur suhu pada kompor, oven, dan pemanggang roti setiap hari atau setiap minggu, tapi suhu kulkas dan freezer jarang diperhatikan.

Padahal, menjaga kulkas pada suhu tepat memberikan banyak manfaat, seperti menjaga kesegaran makanan, mencegah makanan cepat basi, serta meminimalkan biaya operasional alat.

Lantas, berapa suhu kulkas yang ideal?

Seperti semua peralatan di dapur, kulkas perlu dirawat baik agar tetap bekerja maksimal, termasuk memastikannya diatur ke suhu tepat, terutama jika ini adalah sesuatu yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Amanda Lorenzini, pakar kulkas AO.com, mengatakan suhu ideal untuk kulkas rumah tangga adalah antara tiga dan lima derajat Celsius. 

Baca juga: 4 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas, Ini Bahayanya

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kulkas.
"Untuk mengatur suhu kulkas, cukup cari dan putar tombol di dalam alat tersebut. Namun, perlu diingat, setiap perubahan pada suhu kulkas membutuhkan waktu hingga 24 jam untuk menyesuaikan diri," ucapnya dilansir dari Ideal Home, Rabu (20/9/2023).

Namun, untuk beberapa kulkas, kisaran suhu ini dapat diperpanjang sedikit lebih rendah, hingga 0 derajat Celsius.

Sebagai contoh, para ahli di AEG—perusahaan perawatan dan perbaikan kulkas—menyarankan kulkas rumah tangga rata-rata harus berada pada suhu yang hampir konstan antara 0-5 derajat Celsius.

Namun, wajar jika suhu kulkas sedikit berfluktuasi di antara angka-angka ini, terutama saat sering membuka dan menutupnya.

Baca juga: Berapa Lama Daging Ayam Mentah Dapat Bertahan di Kulkas?

Lalu, mengapa penting kulkas tetap berada di kisaran suhu tersebut dan tidak turun lebih tinggi atau rendah?

"Dengan mengatur kulkas pada kisaran suhu tepat, ini akan memastikan makanan di dalamnya tetap segar dan menghindari pertumbuhan bakteri," imbuh Amanda.

Selain suhu tepat, Simon Hughes, pakar peralatan dari PriceYourJob.co.uk, menjelaskan menata kulkas dengan benar merupakan kunci menjaga umur makanan. 

Bagian bawah kulkas cenderung lebih dingin daripada bagian atas. Itulah mengapa makanan renyah ditempatkan di sana. Sayuran paling baik disimpan di bagian laci ini karena dingin dengan tingkat kelembapan yang baik.  

Baca juga: Kapan Harus Membersihkan Kulkas? Ini Tanda-tandanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com