Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kulkas Secara Mendalam dan Efektif

Kompas.com - 04/09/2023, 18:03 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas adalah peralatan elektronik dapur yang paling sering digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman sertamenjaga kesegaran makanan dan minuman, yang akhirnya menghemat uang.

Kulkas berperan penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga penting memastikannya tetap dalam kondisi bersih dan baik agar bertahan lama selama bertahun-tahun. 

Baca juga: Penyebab Kulkas Mengeluarkan Suara Benturan

Cara terbaik melakukannya adalah memprioritaskan pemeliharaan rutin agar mesin kulkas bekerja secara efisien, salah satunya melakukan pembersihan mendalam secara berkala setiap tiga bulan.

Dikutip dari Martha Stewart, Senin (4/9/2023), berikut cara membersihkan kulkas secara mendalam dan efektif. 

Kosongkan kulkas

Ilustrasi membersihkan kulkas. SHUTTERSTOCK/ELNUR Ilustrasi membersihkan kulkas.
Langkah pertama membersihkan kulkas secara mendalam adalah mengosongkan isi kulkas dari semua makanan, minuman, dan bumbu, lalunletakkan di tempat aman. 

Baca juga: Bolehkah Memindahkan Kulkas dengan Cara Dibaringkan?

Bersihkan rak dan laci

Campurkan sabun cuci piring alami dan air hangat dalam ember. Celupkan spons bersih ke dalam larutan tersebut dan gosok seluruh sisi rak dan laci hingga bersih.

Setelay itu, bilas ral dengan air untuk menghilangkan sisa sabun dan keringkan setiap rak dan tempat sampah dengan kain mikrofiber.

Bersihkan bagian dalam kulkas 

Campurkan cuka dan air hangat dengan perbandingan sama ke dalam botol semprot.

Kathy Cohoon, Direktur Operasi Waralaba Two Maids–waralaba kebersihan asal Amerika Serikat–mengatakan semprotkan larutan ke seluruh permukaan interior kulkas dan diamkan selama beberapa menit sebelum diseka dengan kain lembut.

Selain itu, pastikan juga menyemprot laci samping kulkas dan lekukannya.
Setelah larutan selesai didiamkan, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok bagian dalam kulkas hingga bersih.

Gunakan spons basah untuk menghilangkan larutan pembersih, lalu lap bagian dalamnya hingga kering dengan kain mikrofiber serta kembalikan rak dan laci ke kulkas. 

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Meletakkan Spons Cuci Piring di Kulkas

Bersihkan bagian luar kulkas

Jennifer Parnell, salah satu pendiri Humble Suds–produsen produk pembersih alami asal Amerika Serikat–mengatakan rangkaian produk pembersih ramah lingkungan yang tidak beracun.

Periksa manual kulkas sebelum membersihkan bagian luarnya. Metode dan instruksi mungkin berbeda-beda. Namun, secara umum, air hangat dan sedikit sabun cuci piring lembut cocok membersihkan bagian luar kulkas apa pun.

Jika ada goresan tertinggal, semprotkan bagian luar kulkas dengan air dan cuka dengan perbandingan sama, lalu gosok dengan handuk kertas.

Bersihkan gasket

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kulkas.
Parnell mengatakan gasket kulkas mengumpulkan cukup banyak kotoran. Untuk membersihkan gasket, campurkan larutan air dan cuka dengan perbandingan sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com