Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Pintu Kulkas, Termasuk Telur

Kompas.com - 06/08/2023, 21:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu kulkas memiliki rak, yang membuat kita secara otomatis menyimpan beragam bahan makanan dan minuman di sana. Yang paling umum adalah telur dan susu.

Akan tetapi, ada beberapa makanan yang tidak boleh disimpan di pintu kulkas. Ini akan membuat makanan cepat basi dan rusak.

Pikirkan berapa kali Anda membuka pintu kulkas. Setiap kali pintu kulkas terbuka, apa yang ada di pintu kulkas terkena udara lingkungan yang panas atau hangat, kata Molly Gordon, koki di Charleston, South Carolina, AS, dikutip dari Southern Living, Minggu (6/8/2023).

Baca juga: Baking Soda Tidak Ampuh Hilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas, Kenapa?

Ilustrasi pintu kulkas, rak penyimpanan di pintu kulkas. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Ilustrasi pintu kulkas, rak penyimpanan di pintu kulkas.

Mengingat hal itu, ada makanan tertentu yang tidak boleh disimpan di pintu kulkas. Jangan menyimpan makanan yang mudah rusak di pintu kulkas, kata Departemen Pertanian AS (USDA) dalam laman resminya.

Suhu tempat penyimpanan di pintu kulkas berfluktuasi lebih dari suhu di rak kulkas. Tutup pintu kulkas sesering mungkin, kata USDA.

Paparan udara bersuhu ruangan dan suhu yang berfluktuasi berarti ketujuh bahan makanan ini tidak boleh disimpan di pintu kulkas.

1. Produk olahan daging

Karena fluktuasi suhu, menyimpan produk olahan daging di pintu kulkas tidak boleh dilakukan. Produk olahan daging sebaiknya disimpan di bagian belakang kulkas yang suhunya paling dingin.

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas agar Tidak Bau, Pakai Cuka

2. Keju

Hindari menyimpan keju di pintu kulkas. Faktanya, sebagian besar kulkas memiliki laci yang dirancang khusus untuk menyimpan keju atau mentega dengan aman.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com