Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Menyimpan Telur dan Produk Susu di Pintu Kulkas, Ini Bahayanya

Kompas.com - 31/07/2023, 07:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan banyak rak dan kompartemen yang nyaman, bagian pintu kulkas sering kali menjadi tempat penyimpanan sejumlah bahan makanan dan minuman, seperti telur, produk susu, aneka bumbu, bahkan sayuran.

Selain itu, beberapa pintu kulkas juga dilengkapi wadah built-in untuk telur dan rak sekotak susu yang memudahkan penyimpanan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Furnitur Kulit Pakai Telur, Jadi Kembali Mengilap

Meski begitu, beberapa ahli mengatakan menyimpan telur dan produk susu di pintu kulkas dapat menyebabkan bakteri, kontaminasi, dan limbah makanan.

Christine Kingsley, perawat terdaftar tingkat lanjut dan Direktur Kesehatan dan Kebugaran di Lung Institute, Amerika Serikat, mengatakan wadah penyimpanan yang menempel di pintu kulkas tidak kondusif untuk menjaga telur dan produk susu, seperti keju, agar tidak berubah menjadi bahan makanan yang menyebabkan penyakit.

Hal ini karena biasanya diletakkan di tempat tinggi, sedangkan udara dingin turun dan berada di bagian bawah kulkas. 

Baca juga: Jangan Berikan Cangkang Telur untuk 8 Tanaman Buah dan Sayuran Ini

Ilustrasi menyimpan telur di pintu kulkas.Shutterstock/Thawatchai Thandee Ilustrasi menyimpan telur di pintu kulkas.
Menurut Kingsley, bagian belakang rak paling atas adalah tempat terdingin dari kulkas yang membuatnya menjadi tempat terbaik menyimpan telur dan produk susu.

Maka itu, menyimpan telur dan susu dengan benar di kulkas tidak hanya memperpanjang masa simpannya dibanding menyimpannya di pintu, tetapi juga mencegah pertumbuhan bakteri. 

"Meski kecil, banyak telur yang tersedia secara komersial membawa jenis salmonella yang tidak aktif," ucap Kingsley dikutip dari Apartement Therapy, Senin (31/7/2023). 

Suhu dingin mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri sehingga menyimpannya di kompartemen kulkas atau rak yang suhunya mencapai titik terendah sangat penting.  

Baca juga: Mudah, Cara Menggunakan Cangkang Telur sebagai Pupuk Tanaman

Kelemahan lain menyimpan telur di pintu kulkas adalah berisiko membuatnya pecah. Membuka pintu kulkas, bahkan dengan sedikit usaha, dapat menyebabkan telur-telur tersebut retak, pecah, atau jatuh.

"Anda mungkin tidak akan menyadari adanya retakan hingga menggunakannya dalam masakan," tambah Brian Nagele, mantan pemilik restoran dan CEO Restaurant Clicks.

Semakin lama membiarkan telur yang retak di dalam kulkas, semakin besar kemungkinannya terkontaminasi bakteri. Itulah mengapa telur yang terlihat bagus bisa menjadi rusak saat Anda mengeluarkannya dari kulkas.  

Baca juga: Berapa Lama Telur Rebus Bisa Disimpan di Kulkas?

Untuk produk olahan susu, seperti susu dan keju, Kingsley merekomendasikan  menyimpannya di samping telur di rak paling atas dan membungkus keju dengan kertas roti.

Ia juga menyarankan menyimpan telur dalam kemasan aslinya untuk memastikannya tetap aman dikonsumsi serta menghindari kebutuhan untuk membeli wadah penyimpanan telur plastik.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com