Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulkas Tidak Berfungsi Setelah Pemadaman Listrik? Periksa 5 Hal Ini

Kompas.com - 03/08/2023, 19:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemadaman listrik dapat terjadi kapan pun dan pada setiap rumah. Entah itu berasal dari pusat atau PLN maupun listrik Anda sendiri yang bermasalah.

Ketika terjadi pemadaman listrik, otomatis semua peralatan elektronik atau menggunakan listrik tidak bisa berfungsi.  

Baca juga: Cara Mengurangi Kelembapan Berlebih di Dalam Kulkas

Begitu pun, saat listrik menyala, peralatan elektronik perlu menyesuaikan kondisi untuk beroperasi kembali, bahkan beberapa perlu diatur ulang.

Namun, untuk kulkas, ada beberapa peralatan yang tidak berfungsi setelah pemadaman listrik. Sebelum buru-buru memanggil teknisi servis, lakukan pemeriksaan terlebih dulu pada kulkas guna memverifikasi kegagalan alat disebabkan pemadaman listrik atau kerusakan yang tidak disengaja.

Apabila tidak disengaja, masalah ini dapat diperbaiki dengan mudah oleh pemilik rumah. Tinjau juga buku petunjuk peralatan untuk memastikan tidak ada yang perlu disetel ulang jika listrik mati

Nah, dilansir dari Hunker, Kamis (3/8/2023), berikut cara memeriksa kulkas yang tidak berfungsi setelah pemadaman listrik

Baca juga: Jangan Menyimpan Telur dan Produk Susu di Pintu Kulkas, Ini Bahayanya

Periksa kotak pemutus 

Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.
Periksa kotak pemutus utama untuk rumah. Letakkan sakelar pemutus untuk sirkuit daya kulkas pada posisi "Hidup" atau "Tertutup". Kulkas sering kali dipasang pada sirkuit listriknya sendiri. 

Jika terjadi pemadaman listrik, pemutus arus mungkin telah terlepas untuk melindungi peralatan dari kerusakan listrik. 

Periksa kulkas 

Periksa kulkas untuk mengetahui tanda-tanda visual kerusakan listrik. Gejala kerusakan listrik meliputi tanda-tanda, seperti bekas luka bakar di sekitar stopkontak atau kabel listrik.

Jika ditemukan kerusakan listrik, hubungi teknisi servis karena bahaya menjalankan kulkas dengan komponen listrik yang rusak.  

Baca juga: 4 Penyebab Kulkas Mengeluarkan Suara Bising dan Cara Mengatasinya

Periksa komponen di dalam kulkas 

Periksa berbagai komponen di dalam kulkas guna mengetahui apakah seluruh sistem kelistrikan rusak atau hanya beberapa komponen saja, seperti mesin kompresor.

Misalnya, kulkas mungkin tidak menyala untuk mengompres dan mendinginkan, tetapi perangkat listrik lain pada kulkas merespons, seperti lampu bagian dalam, pelat depan digital, dan kipas yang terletak di bagian bawah kulkas. 

Semua tanda ini menunjukkan komponen tertentu di dalam kulkas telah rusak dan memerlukan perbaikan dari teknisi servis yang berkualifikasi.  

Baca juga: Haruskah Menyimpan Apel di Kulkas agar Tetap Renyah?

Lepaskan kabel ekstensi 

Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur.
Selanjutnya, cara memeriksa kulkas yang tidak berfungsi setelah pemadaman listrik adalah melepaskan semua kabel ekstensi dan colokkan kulkas langsung ke stopkontak.

Pemadaman listrik dapat merusak kabel ekstensi jika terjadi lonjakan arus sebelum listrik padam. 

Colokan kulkas ke stopkontak 

Setelah memeriksa semuanya, sambungkan kulkas ke stopkontak guna memastikannya kembali berfungsi. 

Nah, itu dia sejumlah cara memeriksa kulkas yang tidak berfungsi setelah listrik mati. Pasatikan mengikuti semua langkah-langkah di atas dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com