Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Buah Anggur di Kulkas agar Tetap Renyah

Kompas.com - 20/07/2023, 08:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggur adalah salah satu buah populer di dunia. Anggur dapat dinikmati langsung dalam kondisi segar dan juga diolah menjadi minuman.

Namun demikian, jika Anda membeli anggur dalam jumlah banyak, penting untuk mengetahui cara menyimpan buah anggur agar tahan lama dan tetap renyah. Perlu disadari bahwa menyimpan buah anggur di atas meja dapur atau meja makan bisa membuatnya cepat rusak.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Kamis (20/7/2023), alih-alih menyimpan buah anggur pada suhu ruangan, California Table Grape Commission menyarankan agar anggur segera disimpan di kulkas begitu Anda membawanya dari pasar swalayan atau memanennya.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Saat Mengatur Suhu Kulkas

 

Ilustrasi buah anggurPEXELS/POLINA KOVALEVA Ilustrasi buah anggur

Anggur membutuhkan kelembapan tinggi dan sirkulasi udara yang baik, kata Chris Meyer, asisten administrasi Dotdash Meredith Test Kitchen.

Buah anggur paling baik bila disimpan pada suhu antara minus 1 hingga nol derajat celcius dan antara sekitar 90 hingga 95 persen kelembapan relatif, menurut California Table Grape Commission.

Cara menyimpan buah anggur di kulkas

Cukup masukkan buah anggur di bagian belakang salah satu laci kulkas di kantong plastik atau kotak yang sama dengan tempat Anda membelinya.

Jika buah anggur tidak disimpan di kemasan, maka letakkan di laci kulkas pada wadah yang berventilasi baik atau di atas tisu bersih.

Baca juga: Cara Menyimpan Mentimun di Kulkas dan Freezer agar Tetap Segar

Buah berkulit tipis ini dapat menyerap bau dari kulkas. Dengan demikian, usahakan untuk menjauhkan buah anggur dari bawang, bawang bombay, daun bawang, potongan bawang putih, atau makanan yang berbau tajam.

Meskipun Anda dapat segera mencuci buah anggur, lalu mengeringkannya dan menyimpannya di kulkas, hal ini dapat mempercepat pembusukan karena kelembapan yang berlebihan akan mempercepat pembusukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com