Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengurangi Kelembapan Berlebih di Dalam Kulkas

Kompas.com - 03/08/2023, 08:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas memerlukan kelembapan untuk menjaga makanan tetap segar dan awet. 

Namun, terlalu banyak kelembapan atau uap air dapat membuat jamur dan bakteri tumbuh cepat. Selain itu, membuat bau menumpuk serta menyebabkan makanan mulai membusuk dengan cepat. 

Baca juga: Jangan Menyimpan Telur dan Produk Susu di Pintu Kulkas, Ini Bahayanya

Sebelum melakukan investigasi penuh tentang mengapa kulkas mengalami kelembapan tinggi, ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dulu. 

Dilansir dari Hunker, Kamis (3/8/2023), hal pertama atau cara mengurangi kelembapan di dalam kulkas adalah membersihkan kulkas secara menyeluruh dan mendalam secara teratur.

Buang semua makanan yang telah lama atau kedaluwarsa serta buang botol dan stoples saus dan bumbu yang sudah setengah terpakai.

Keluarkan semua bahan makanan dari kulkas dan bersihkan satu per satu sebelum membersihkan semua kompartemen, rak, dan area lain di bagian dalam kulkas. 

Gunakan campuran 3,7 liter air hangat dengan beberapa tetes sabun cuci piring lembut untuk mengelap semua isi kulkas serta permukaan interiornya. 

Baca juga: Menyimpan Makanan Panas di Kulkas, Apakah Aman?

Ilustrasi kulkas, ilustrasi mengatur kulkas.Shutterstock/Anna Om Ilustrasi kulkas, ilustrasi mengatur kulkas.
Selanjutnya, tambahkan 59 mililiter pemutih klorin ke dalam campuran ini jika kulkas memiliki bau menyengat atau bercak makanan lama di bagian samping dan dalam laci. 

Apabila kulkas memiliki bau atau bercak jamur di sisi atau raknya, taburkan lapisan tipis baking soda guna menghilangkan aroma dan pertumbuhan yang tidak diinginkan.

Periksa di bawah alat apakah ada panel dan lepaskan. Bersihkan wadah panel secara menyeluruh serta panel itu sendiri, sebelum memasangkan kembali ke tempatnya.

Sedot debu di bawah dan di belakang kulkas dengan sikat penyedot debu agar alat dapat bekerja secara efektif dan efisien. 

Baca juga: 4 Penyebab Kulkas Mengeluarkan Suara Bising dan Cara Mengatasinya

 

Cara mengurangi kelembapan berlebih di dalam kulkas

Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.SHUTTERSTOCK/DRAGON IMAGES Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.
Ada beberapa cara mengurangi kelembapan berlebih di dalam kulkas, salah satunya menempatkan dehumidifier pengering. 

Dehumidifier kulkas mengandung mineral yang menyerap kelembapan di dalam kulkas, menghilangkan penumpukan gas etilen dari sayuran dan buah-buahan, serta mengusir bau.

Kipas angin yang ditempatkan di seluruh rumah juga dapat menurunkan kelembapan secara keseluruhan, terutama di kamar mandi dan dapur.

Tak hanya itu, jaga untuk membuka pintu kulkas seminimal untuk menjaga tingkat kelembapan tetap seimbang. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Selanjutnya cara mengurangi kelembapan berlebih di dalam kulkas adalah menyimpan wadah berisi soda bikarbonat di dalam kulkas guna mengurangi kelembapan dan bau secara teratur. Ganti soda bikarbonar setiap bulan. 

Selalu simpan makanan dalam wadah dengan tutup yang pas. Namun, jangan menumpuk makanan dalam wadah penyimpanan di dalam alat.

Sisakan setidaknya satu inci ruang di antara setiap wadah agar udara dapat bersirkulasi dengan baik di seluruh bagian dalam alat. Pastikan suhu kulkas berada di antara dua sampai empat derajat Celsius.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com