Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 7 Kesalahan Menata Kulkas yang Perlu Dihindari

Kompas.com - 05/09/2023, 22:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang fungsinya sangat penting. Hampir di setiap rumah, kini memiliki kulkas untuk menyimpan bahan makanan

Bahkan, banyak orang yang akhirnya menyimpan bahan makanan di kulkas dalam waktu yang lama. Makanan yang disimpan dalam kulkas relatif lebih tahan lama dibandingkan bahan makanan yang tidak disimpan di kulkas.

Akan tetapi, bahan makanan dalam kulkas perlu ditata dengan rapi untuk mencegah kerusakan. Selain itu, isi kulkas yang ditata dengan rapi juga memudahkan Anda saat hendak mengambil bahan makanan tersebut.

Baca juga: 6 Kesalahan Menata Kulkas yang Harus Dihindari

Jika Anda masih kesulitan saat mencari barang di dalam kulkas, mungkin ada kesalahan saat menata kulkas. Dilansir dari House Digest, Selasa (5/9/2023), berikut ini beberapa kesalahan menata kulkas yang perlu dihindari.

Ilustrasi kulkas terlalu penuhSHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Ilustrasi kulkas terlalu penuh

Rak paling atas terlalu penuh

Salah satu kesalahan umum saat menata kulkas yaitu menyimpan hampir bahan makanan di rak paling atas. Rak yang terlalu penuh akan membuat aliran udara terganggu, sehingga pendinginan menjadi tidak merata.

Akibatnya, makanan yang disimpan akan mudah basi. Untuk menghindari kesalahan ini, Anda bisa membagi bahan makanan di rak lain dengan rata.

Tidak menggunakan laci dengan benar

Laci kulkas umumnya dirancang khusus untuk menjaga kesegaran buah dan sayur. Memahami dan memanfaatkan fitur pada kulkas dengan benar, maka umur simpan bahan makanan menjadi lebih lama.

Baca juga: 5 Cara Menata Kulkas agar Rapi dan Bebas Bau

Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan pemisah laci agar buah dan sayur tidak saling bercampur. Mengingat, ada beberapa jenis buah yang mengeluarkan etilen, sehingga bisa membuat proses pematangan sayur dan buah di sekitarnya menjadi lebih cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com