Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2023, 16:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas adalah perabotan rumah yang keberadaannya sangat dibutuhkan. Alat elektronik ini berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan minuman.

Akan tetapi, sama seperti peralatan elektronik lainnya, masa pakai kulkas tidak selamanya. Seiring berjalannya waktu, kulkas akan mengalami penurunan fungsi hingga kerusakan yang membuat kulkas tidak bisa digunakan kembali.

Dilansir dari Compact Appliance, Sabtu (23/9/2023), berikut ini beberapa tanda kulkas perlu diganti yang penting untuk diketahui.

Baca juga: Ketahui, Ini 7 Tanda Kulkas Perlu Diganti

Kulkas berkeringat

Jika kulkas Anda mengeluarkan keringat, maka artinya lemari es sedang bekerja terlalu keras. Biasanya keringat atau embun es terlihat pada bagian dalam maupun luar kulkas.

Kulkas sebagai tempat penyimpanan bahan makananShutterstock/Pixel-Shot Kulkas sebagai tempat penyimpanan bahan makanan

Apabila menemukan gejala tersebut di bagian luar kulkas, maka Anda bisa memeriksa segel karet di sekitar pintu. Lalu, tutup pintu dan sisipkan kertas.

Terik secara perlahan, apabila terlepas maka Anda perlu mengganti karet pintu tersebut. Apabila setelah diganti, kondisi kulkas tidak mengalami perubahan, maka Anda perlu membawa kulkas ke tempat service terdekat.

Sementara itu, apabila embun es terlihat di bagian dalam kulkas, maka artinya suhu kulkas tidak sesuai. Jika masalah masih berlanjut, artinya suhu sudah tidak akurat dan berisiko merusak kualitas bahan makanan yang disimpan dalam kulkas.

Baca juga: Berapa Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjaga Makanan Tetap Segar?

Bagian belakang kulkas terasa panas

Tanda kulkas perlu diganti selanjutnya yaitu bagian kulkas terasa panas. Kondisi ini bisa disebabkan adanya masalah pada mesin di belakang kulkas.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganti bagian yang bermasalah. Namun, jika kulkas sudah berumur cukup tua, sebaiknya ganti dengan lemari es dengan yang baru.

Makanan cepat rusak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu fungsi kulkas yaitu untuk menyimpan bahan makanan. Namun, apabila bahan makanan yang disimpan cepat rusak, artinya ada masalah pada kulkas tersebut.

Kondisi tersebut biasanya terjadi karena kulkas tidak mampu mempertahankan suhu. Selain membuat makanan cepat basi, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan boros energi. Akibatnya, tagihan listrik bisa membengkak.

Baca juga: Mudah, Cara Menghilangkan Bau Kulkas Pakai Roti Tawar

Terjadi penumpukan biang es pada freezer

Biang es di dalam freezer sebenarnya hal yang normal. Namun, jika penumpukan biang es terjadi dalam waktu singkat dan jumlahnya sangat banyak, artinya ada hal yang tidak normal pada kulkas tersebut.

Ilustrasi kulkas. DOk. Shutterstock Ilustrasi kulkas.

Kondisi tersebut membuat Anda perlu rutin menguras isi kulkas agar tidak terjadi penumpukan biang es di dalam freezer.

Umur kulkas lebih dari 10 tahun

Sama seperti perlengkapan elektronik lainnya, kulkas juga tidak bisa digunakan selamanya. Idealnya, kulkas hanya bisa digunakan sampai berumur 10 hingga 20 tahun.

Jika umur kulkas sudah diatas 10 tahun, sebaiknya segera ganti dengan unik yang baru. Sebab, saat umur kulkas sudah sangat tua, maka kulkas akan sering mengalami kerusakan yang membuat Anda sering memperbaiki lemari es tersebut.

Baca juga: 4 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas, Ini Bahayanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com