Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mudah Mati, Berapa Lama Tanaman Sirih Gading Bisa Hidup?

Kompas.com - 02/03/2023, 12:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pothos atau sirih gading (Epipremnum aureum) adalah salah satu tanaman hias populer yang banyak menjadi elemen dekorasi rumah.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (2/3/2023), tanaman ini adalah bagian dari keluarga Araceae, juga dikenal sebagai keluarga Arum, bersama dengan tanaman hias populer lainnya seperti Monstera, Anthurium, dan peace lily.

Sirih gading banyak dicari karena dedaunannya yang menarik dalam berbagai warna dan ukuran dan dikenal karena perawatannya yang mudah.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tanaman Sirih Gading Berdaun Banyak dan Rimbun

Ilustrasi tanaman hias sirih gading atau Pothos Global Green. SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias sirih gading atau Pothos Global Green.

Menentukan apa yang memenuhi syarat perawatan tanaman sirih gading bisa membingungkan, karena beberapa tanaman dengan nama atau penampilan yang mirip secara teknis tidak dianggap sebagai Pothos atau sirih gading.

Misalnya, Satin Pothos milik genus yang berbeda (Scindapsus) dan bukan Pothos yang sebenarnya.

Selain itu, tanaman panjat atau tanaman merambat tertentu yang menyerupai sirih gading terkadang dikelompokkan dengan spesies ini meskipun tidak berkerabat.

Di beberapa kawasan, sirih gading disebut tanaman uang karena konon kemampuannya membawa keberuntungan dan kemakmuran finansial bagi pemiliknya. Namun, tanaman ini juga dikenal sebagai Devil's Ivy karena sifatnya yang invasif.

Baca juga: Penyebab Daun Sirih Gading Kecil-kecil, Masalah Penyiraman hingga Hama

Berapa lama tanaman sirih gading bisa hidup?

Menentukan umur tanaman hias yang tepat dapat menjadi tantangan karena tidak memiliki rentang umur alami yang spesifik. Umur tanaman hias dapat bervariasi dari 2 tahun hingga 10 tahun, atau bahkan lebih lama, tergantung pada kondisi pertumbuhannya dan kualitas perawatan yang diterimanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com