Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2021, 12:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman pothos atau sirih gading adalah salah satu tanaman indoor paling populer di rumah. Tanaman ini berasal dari daerah tropis Asia Tenggara, meskipun sudah populer di banyak bagian dunia.

Penggunaan utamanya adalah untuk dekorasi rumah, karena daunnya yang indah berbentuk hati memberi kehidupan di tempat Anda menanamnya.

Melansir dari Decor Tips, Senin (1/11/2021) nama ilmiah sirih gading adalah Epipremnum aureum dan juga dikenal sebagai popos atau potus. Tanaman ini sangat cocok untuk orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendedikasikan untuk merawat tanaman karena tidak memerlukan terlalu banyak perawatan.

 

Baca juga: 9 Cara Membuat Daun Tanaman Pothos Tumbuh Lebih Besar

Di sisi lain, ini membantu menjaga lingkungan bebas dari polutan, dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

Manfaat tanaman sirih gading

Sirih gading atau pothos memiliki manfaat luar biasa untuk rumah Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA, tanaman ini memurnikan udara, menghilangkan zat beracun yang ditemukan di lingkungan dan yang dapat mempengaruhi kesehatan kita.

Senyawa beracun ini termasuk formaldehida, xilena, dan benzena.

Selain itu, memiliki tanaman ini di rumah Anda akan membantu menyeimbangkan kelembapan dan menjadi sumber oksigen. Untuk alasan ini, dianjurkan untuk orang-orang dengan alergi yang mungkin terpengaruh oleh jenis lingkungan ini.

Baca juga: 5 Perbedaan Tanaman Hias Pothos vs Philodendron

Namun, jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda harus berhati-hati karena mengandung zat yang berbahaya bagi hewan. Yang terbaik adalah menanam tanaman ini di area yang sulit dijangkau oleh kucing atau anjing. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com