Kompas.com - 27/10/2021, 15:53 WIB
Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading. UNSPLASH/SEVERIN CANDRIANIlustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

JAKARTA KOMPAS.com - Merawat tanaman hias di dalam maupun luar ruangan tak hanya memberikan nuansa teduh dan, tapi juga dapat mempercantik ruangan. 

Untuk menjadikan titik fokus di suatu area, biasanya banyak orang memilih tanaman hias dengan daun besar. 

Melansir dari Balcony Garden Web, Rabu (27/10/2021), salah satu tanaman berdaun besar yang bisa dipilih adalah pothos atau sirih gading.

Berikut beberapa cara membuat daun tanaman pothos tumbuh lebih besar. 

Baca juga: Bolehkah Menyiram Tanaman Hias dengan Air AC? 

Pilih varietas yang tepat

Jika ingin memasukkan tanaman pothos berdaun besar dalam koleksi tanaman hias ke ruangan, pilih varietas yang secara alami membentuk daun raksasa.

Dua nama varietas terbaik adalah Hawaiian dan Golden pothos. Kedua tanaman menawarkan dedaunan hijau besar dengan warna krem dan batang tebal. Varietas ini lebih suka beberapa jam sinar matahari langsung dan naungan cerah sepanjang hari.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lakukan stek pada tanaman

Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.
Jika akan mengambil stek dari pothos beraneka ragam dan menyebarkannya, tanaman yang dihasilkan akan membawa warna yang sama pada daunnya.

Demikian pula, jika akan mengambil stek dari pothos daun raksasa dan menumbuhkannya, tanaman baru akan memiliki semua karakteristik tanaman induk, yang berarti daun besar. 

Baca juga: 10 Cara Menggunakan Minyak Nimba Pada Tanaman 

Penyiraman

Pertumbuhan pothos yang terhambat disebabkan genangan air. Namun, terlalu banyak tanah kering dapat mempengaruhi pertumbuhan dedaunan dan kesehatan seluruh tanaman akan terpengaruh.

Untuk itu, Anda harus menyiram tanaman ketika lapisan tanah atas terasa agak kering saat disentuh.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.