Kompas.com - 27/10/2021, 15:16 WIB
Menyiram cairan sabun untuk membasmi ulat. PEXELS/SARAH DIETZMenyiram cairan sabun untuk membasmi ulat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sering menyalakan AC di rumah, banyak air AC yang menetes dari saluran pembuangan. 

Daripada membuangnya begitu saja, cobalah memanfaatkan air AC untuk disiram ke tanaman hias. Namun, apakah air AC memili dampak buruk bagi tanaman? 

Baca juga: 5 Penyebab AC Bocor dan Mengeluarkan Air

Dikutip dari kanal YouTube Sisi Lain Tumbuhan, Rabu (27/10/2021), air AC bisa digunakan untuk penyiraman tanaman hias dan tidak memberikan dampak buruk atau efek samping pada tanaman. 

Meski begitu, menyiram tanaman dengan air AC untuk sebagian besar tanaman hias tidak semaksimal air tanah. Sebab, air AC bukan air yang berasal dari tanah atau bumi sehingga air tersebut tidak mengandung mineral.

Mineral sendiri menjadi salah satu unsur penting yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Jadi, penggunaan air tanah lebih maksimal untuk sebagian besar pertumbuhan tanaman hias ketimbang air AC. 

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Bunga Cempaka, Cantik dan Harum

Mengapa air AC tidak membuat pertumbuhan pada tanaman?

Air AC adalah hasil penyulingan yang berasal dari karbondioksida yang ada di dalam ruangan sehingga kurang maksimal untuk pertumbuhan bagi sebagian tanaman hias. 

Karbondioksida tersebut disedot mesin AC, kemudian dilakukan penyulingan sehingga menghasilkan tetesan-tetesan embun atau pengembunan.

Jadi, karbondioksida diubah menjadi molekul-molekul udara yang sejuk seperti lembap dan dingin, lalu limbahnya menjadi air yang menetes di saluran pembuangan air AC.

Karena itu, air AC mengandung logam, besi, asam, hingga karat akibat erosi. Intinya, air AC mengandung zat-zat logam dari kondensator AC. 

Baca juga: 5 Penyebab Suara AC Berisik dan Cara Mengatasinya

Endapkan air AC sebelum disiram ke tanaman hias

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa sebagian besar tanaman hias tidak akan mendapat manfaat dari air AC. Namun, penggunaan air AC baik untuk tanaman merambat dan beberapa tanaman bunga yang bermekaran.

Jika ingin digunakan untuk menyiram tanaman hias, sebaiknya air AC diendapkan selama dua hari. Setelah itu, kamu bisa menggunakan air AC yang ada di bagian tengah ke atas.

Air AC bagian tengah ke bawah harus dibuang karena di sana ada endapan logam dari mesin AC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.