Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendesain Dinding Belakang Tempat Tidur Tanpa Sandaran Kepala

Kompas.com - 02/03/2023, 11:34 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak dapat disangkal bahwa headboard atau kepala tempat tidur adalah "mahkota" di kamar tidur. Sandaran atau kepala tempat tidur dapat menjadi pernyataan dekoratif yang dapat menambahkan titik fokus di ruangan

Namun, seiring semakin kecilnya rumah atau ingin merampingkan rumah, kepala tempat tidur bisa membatasi gaya serta memakan ruang. 

Baca juga: Aturan Meletakkan dan Memilih Kepala Tempat Tidur Menurut Feng Shui 

Untungnya, sebagai solusi, Anda bisa menghias ruang di belakang tempat tidur daripada memasang headboard.

Mendekorasi ruang di belakang tempat tidur adalah cara bagus mengisi ruang dengan fitur menarik daripada memasang ide headboard yang besar. Dekorasi dinding di belakang tempat tidur dapat memberikan kepribadian baru pada ruangan.

Nah, dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (3/2/2023), berikut cara mendesain dinding belakang tempat tidur tanpa sandaran kepala.  

Baca juga: Ini Posisi Terbaik Meletakkan Kepala Tempat Tidur Menurut Feng Shui

Gantungkan sebuah mural

Ilustrasi kamar tidur, tempat tidur di samping pintu. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur, tempat tidur di samping pintu.
Cat adalah pilihan jelas untuk ide dekorasi dinding di kamar tidur, tapi memiliki keterbatasan ketika ingin membuat sesuatu yang berskala lebih besar dan mencolok.

Sebuah mural dinding yang menjadi favorit para desainer sangat cocok untuk mereka yang menginginkan sesuatu yang lebih.

"Dalam beberapa waktu terakhir ini, telah terjadi ledakan dalam pencetakan digital berteknologi tinggi yang telah mengubah permainan, memungkinkan sejumlah besar eksperimen dan memunculkan desainer-desainer baru," jelas Martin Waller, pendiri Andrew Martin. 

Pilihan mural sangat banyak, tapi ini adalah pilihan sangat personal, sangat bergantung pada rumah dan ruangan, serta suasana hati dan kepribadian Anda. 

Mural telah menggemparkan dunia interior dalam beberapa tahun terakhirdan sejujurnya apa pun bisa digunakan, dari geometris dan trompe l'oeil, bunga dan hewan, modern atau kontemporer, kain rumput, kain, hingga mural. 

Baca juga: 5 Ide Posisi Tempat Tidur untuk Ciptakan Tidur Nyenyak

Hiasi dengan shiplap dan panel pada ketinggian dada

Selanjutnya, cara mendesain dinding belakang tempat tidur adalah menghiasi dengan shiplap dan panel pada ketinggian dada. 

Tanpa titik fokus, seperti kepala tempat tidur, kamar tidur modern bisa jadi kurang berkarakter. Salah satu cara mengatasinya adalah membuat dinding fitur panel, yang juga dapat menyembunyikan banyak dosa.

Di sini, panel dinding setinggi dada menambahkan ilusi lebar pada kamar tidur yang kecil atau sempit serta melindungi bagian bawah dinding dari keausan.

Sebagai alternatif, di kamar tidur polos yang tidak memiliki detail dekoratif atau arsitektur aslinya, menambahkan area berpanel atau shiplap di belakang tempat tidur adalah cara cerdas menghadirkan kesan berkarakter pada ruang yang tidak berkarakter. 

Baca juga: Stop Lakukan, 6 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Kolong Tempat Tidur

Lupakan kepala tempat tidur di ceruk yang canggung atau miring 

Ilustrasi kamar tidur mewah dan nyaman, kamar tidur dengan dinding tinggi. SHUTTERSTOCK/ImageFlow Ilustrasi kamar tidur mewah dan nyaman, kamar tidur dengan dinding tinggi.
Ceruk dapat memanfaatkan potensi fitur-fitur rumah ini, memberikan kamar tidur dorongan gaya, serta memenuhi fungsi yang berguna.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com