Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KABAR DUNIA SEPEKAN] Trump Ancam NATO | Media Asing Sorot Pemilu Indonesia

Kompas.com - 19/02/2024, 07:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - Kabar Dunia Sepekan kali ini mencakup ancaman Donald Trump terhadap negara anggota NATO yang tidak membayar iuran tahunan, dan sorotan media asing terhadap pemilihan umum atau pemilu Indonesia 2024.

Sementara itu, Armenia menyebut Azerbaijan akan melancarkan perang skala penuh dan Ukraina menarik pasukan dari pertempuran di Kota Avdiivka.

Berikut adalah rangkuman Kabar Dunia Sepekan pada Senin (12/2/2024) hingga Minggu (18/2/2024).

Baca juga: Putin: Ukraina, Masalah Hidup dan Mati bagi Rusia

1. Trump Akan Dorong Rusia Serang Anggota NATO yang Tunggak Bayar Iuran

Calon kandidat nomor satu Gedung Putih, Donald Trump, mengatakan akan "mendorong" Rusia untuk menyerang anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO yang tidak memenuhi kewajiban finansial mereka.

Hal tersebut merupakan pernyataan paling radikal yang pernah dia buat terhadap aliansi militer yang selama ini ia pertanyakan.

Saat para legislator AS sedang menggodog bantuan untuk Ukraina menjelang peringatan dua tahun invasi Rusia, mantan presiden tersebut justru berulang kali menyatakan bahwa tidak adil bagi Washington untuk terus membela 30 negara anggota NATO lainnya.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Geger Usai Diancam Trump, Berapa Biaya Iuran Negara NATO?

2. Berebut Pengaruh Taylor Swift di Pemilu AS 2024

Donald Trump, yang berusaha untuk membatalkan hasil pemilihan demokratis rakyat AS pada 2020 menuduh bintang pop Taylor Swift sebagai sosok yang tidak setia jika mendukung Joe Biden sebagai presiden.

Trump khawatir bahwa Swift adalah agen Pentagon yang memiliki hubungan dekat dengan gelandang bertahan Kansas City Chiefs, Travis Kelce.

Kemenangan timnya di Super Bowl, menurut kerangka berpikir konspirasi Trump, dirancang untuk memberikan Swift platform untuk mempengaruhi pemilihan Biden.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Apa Jadinya jika Biden atau Trump Tak Ikut Pilpres AS 2024?

3. Media Asing Soroti Quick Count Pemilu Indonesia 2024, Prabowo Unggul Telak

Pemilihan umum atau pemilu Indonesia 2024 turut diberitakan media asing, termasuk perolehan sementara hitung cepat suara (quick count).

Setidaknya ada tiga media asing yang memberitakan quick count terkini yaitu AFP (Perancis), Al Jazeera (Qatar), dan South China Morning Post.

Mencantumkan perolehan suara dari berbagai lembaga survei yang disetujui Pemerintah Indonesia, media-media ini sama-sama memberitakan keunggulan telak pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Media Asing Soroti Hubungan Prabowo-Jokowi Jelang Pemilu 2024

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com