Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu India Dimulai Hari Ini, Narendra Modi Incar Masa Jabatan Ketiga

Kompas.com - 19/04/2024, 09:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

NEW DELHI, KOMPAS.com - India memberikan suara pada Jumat (19/4/2024) dalam pemilu terbesar di dunia.

Perdana Menteri Narendra Modi mengincar masa jabatan ketiga yang bersejarah didukung oleh pertumbuhan, kesejahteraan, popularitas pribadinya dan nasionalisme Hindu.

Pemungutan suara tersebut mempertemukan Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Modi melawan aliansi dua lusin partai oposisi yang menantang Modi.

Baca juga: India Disebut Perintahkan Pembunuhan Rahasia di Pakistan

Mereka membawa janji peningkatan tindakan afirmatif, lebih banyak bantuan, dan perlunya menyelamatkan lembaga-lembaga demokrasi dari pemerintahan Modi, yang disebut diktator.

Dilansir dari Reuters, agenda besar-besaran yang melibatkan hampir satu miliar pemilih akan dilakukan selama tujuh hari di seluruh negara terpadat di dunia pada puncak musim panas.

Pemilu berakhir pada 1 Juni dan suara akan dihitung pada tanggal 4 Juni.

Pada Jumat, dalam fase terbesar dari tujuh fase, 166 juta pemilih di 102 daerah pemilihan di 21 negara bagian dan teritori akan memilih.

Survei menunjukkan bahwa BJP akan dengan mudah memenangkan mayoritas meskipun para pemilih memiliki kekhawatiran yang serius mengenai pengangguran, inflasi, dan tekanan di pedesaan di negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia ini.

Ini meski sorotan tertuju pada apakah BJP dapat meningkatkan kemenangannya pada tahun 2019 dan seberapa besar pencapaiannya.

“Dalam lima tahun ke depan, kita akan membawa bangsa kita ke dalam tiga perekonomian teratas di dunia, melancarkan serangan final dan tegas terhadap kemiskinan, membuka jalur pertumbuhan baru, mengungkap generasi reformasi berikutnya, dan mengambil sejumlah langkah keputusan dan tindakan pro-rakyat,” tulis Modi dalam manifesto pemilu BJP.

Baca juga: Angin Kencang Terjang India, 5 Tewas dan Ratusan Orang Kehilangan Tempat Tinggal

Manifesto dan tema kampanye BJP bertajuk "Jaminan Modi Ki" atau jaminan Modi untuk memenuhi janji-janji yang dibuat kepada pemilih, menggarisbawahi gaya presidensial yang berpusat pada pemimpin yang tidak biasa dalam sistem parlementer.

Jika menang, Modi akan menjadi perdana menteri India kedua yang terpilih tiga kali berturut-turut, setelah pemimpin pasca kemerdekaan Jawaharlal Nehru.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-765 Serangan Rusia ke Ukraina: Kuleba ke India | Pemadaman Listrik Darurat

Modi mengatakan bahwa dua periode pertamanya adalah hidangan pembuka dan hidangan utama akan disajikan pada periode ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com