Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Goreng Ayam Utuh agar Matang Sempurna dan Luarnya Garing

Kompas.com - 12/12/2023, 16:04 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com -  Menu ayam utuh pedas buatan salah satu restoran cepat saji tengah populer di kalangan pengguna sosial media terutama TikTok dan Instagram.

Ayam pedas ini dibuat dengan rempah-rempah seperti cabai bubuk, cabai segar, bubuk merica, bubuk paprika, atau campuran bumbu pedas lainnya.

Bumbu-bumbu ini dapat diaplikasikan langsung pada ayam sebelum proses penggorengan atau bisa juga diaplikasikan langsung setelah proses penggorengan ayam selesai.

Kamu dapat mempraktikannya di rumah, untuk mengikuti cara memasak ayam goreng utuh dengan mudah dan tepat, seperti laman Livestrong berikut.

Baca juga:

1. Pilih minyak sesuai kebutuhan

Memilih minyak yang tepat sangat penting saat menggoreng ayam utuh. Minyak yang digunakan akan memengaruhi rasa ayam yang dihasilkan, dan juga memiliki dampak pada segi kuliner.

Kamu dapat menggunakan minyak goreng saat memasak ayam utuh di rumah. Karena minyak goreng membantu menjaga tekstur makanan tetap renyah diluar dan lembut di dalam. 

2. Pastikan ayam kering sebelum dimasak

Pastikan ayam kering sebelum dimasak, jika ayam masih basah setelah diambil dari kemasannya, kamu cukup keringkan dengan cara menepuk-nepuknya.

Tepuk dengan menggunakan tisu agar minyak tidak berceceran ketika ayam dimasukkan ke dalam minyak panas, sehingga kulitnya bisa menjadi renyah.

Gunakan tisu agar bisa langsung dibuang ke tempat sampah dan tidak dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Sebaiknya tidak membilas ayam sebelum dimasak, hal ini dapat menyebarkan kuman berbahaya di sekitar dapur, serta dapat meningkatkan risiko penyebaran bakteri.

3. Pastikan suhu dan waktu tepat saat memasak ayam utuh

Saat memasak ayam, pastikan suhu minyak tetap pada 176 derajat celsius, sebelum ayam dimasukkan ke dalam minyak atau selama proses memasak.

Ayam utuh biasanya berukuran kurang dari 2,5 kilogram, sehingga proses penggorengannya tidak membutuhkan waktu lama saat menggoreng.

Waktu memasak ayam utuh yang tepat, berkisar antara enam hingga delapan menit per 500 gram atau 1/2 kilogram untuk matang secara sempurna.

Jika ukuran ayam 1,5 kilogram, perkiraan waktu untuk memasak sekitar 20 hingga 25 menit. Sedangkan ukuran ayam dua kilogram, perkiraan memasak sekitar 30 hingga 35 menit.

Cara terbaik untuk memeriksa kematangan ayam, ialah dengan memasukkan termometer daging ke bagian daging ayam yang lebih tebal.

Suhu yang tepat seharusnya mencapai 74 derajat celsius untuk memastikan bahwa ayam sudah matang secara sempurna.

Setelah yakin sudah matang biarkan ayam yang dimasak beristirahat, sehingga sari-sarinya masuk ke bagian tengah daging untuk mendapatkan rasa yang terbaik.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com