Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan Makanan Berbasis Nabati di Indonesia

Kompas.com - 18/10/2022, 19:38 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Chief Executive Officer Meatless Kingdom Widya Putra mengatakan tantangan terbesar dalam menjalankan usaha makanan sehat di Indonesia yaitu minimnya edukasi masyarakat mengenai makanan berbasis nabati atau plant based.

Meatless Kingdom adalah produsen makanan plant based siap santap pertama di Indonesia,

Menurut Putra, edukasi mengenai makanan berbasis nabati yang disampaikan kepada masyarakat tidak hanya datang dari pihak internal Meatless Kingdom saja melainkan juga pihak eksternal.

"Untungnya pandemi sudah mulai berkurang saat ini, jadi semakin sering ikut event untuk berinteraksi dengan customer atau pun calon customer," kata Putra saat ditemui oleh Kompas.com di Studio Foodplace Kompas Gramedia Palmerah, pada Selasa (11/10/2022).

Putra menilai interaksi dengan customer secara langsung saat pameran ataupun acara tertentu dapat memudahkan dalam mengedukasi masyarakat.

"Bahkan ketika pameran, ada customer yang tidak percaya kalau produk (Meatless Kingdom) yang mereka makan itu dari plant based," katanya.

Selain memanfaatkan momen edukasi secara langsung, Putra juga memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca juga:

Ilustrasi makanan plant based.Dok. Forbes. Ilustrasi makanan plant based.

Sementara peluang edukasi dari faktor eksternal dilihat Putra dari hadirnya kompetitor sejenis. Ia menilai munculnya kompetitor dapat membawa sisi positif dari sisi pemasaran.

"Kalau tidak ada pemainnya, kita justru mempertanyakan apakah produk yang kita jual laku atau tidak," kata Putra.

Menurutnya apabila kompetitor mulai bermunculan, ini berarti memperbesar peluang pihak yang turut mengedukasi masyarakat.

"Saya menilai adanya followers menjadi sinyal yang sangat bagus, apalagi bagi lulusan food technology yang memang sesuai dengan bidangnya," katanya.

Ia juga mengatakan semakin banyak kompetitor produk sejenis yang hadir dapat menjadi tantangan untuk suatu usaha agar terus berinovasi.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com