Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burger King Inggris Luncurkan Nugget Vegan Berbasis Kacang Kedelai

Kompas.com - 14/01/2022, 17:06 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Burger King Inggris resmi meluncurkan menu berbasis nabati terbaru, yaitu nugget vegan pada awal 2022.

Melansir BBCnugget vegan yang tersedia di seluruh cabang Burger King di Inggris ini dibuat dari campuran kacang kedelai serta protein nabati.

Sebelum resmi dijual, bahan baku nugget vegan tersebut telah disertifikasi oleh Vegan Society, organisasi vegan di Britania Raya.

Cita rasa nugget vegan Burger King Inggris ini disebut tidak jauh berbeda dengan nugget pada umumnya.

Baca juga:

Awal dari misi Burger King bebas daging 2030

Sajian nugget vegan merupakan salah satu bentuk awal Burger King memenuhi janjinya untuk menjual 50 persen menu bebas daging pada 2030.

"Peluncuran ini merupakan langkah positif dalam mengurangi jejak karbon kami dan mendorong inovasi dalam menu kami, sebagai tanggapan atas meningkatnya permintaan menu alternatif tanpa daging dan produk hewani di Inggris," kata Kepala Eksekutif Burger King Inggris Alasdair Murdoch, dikutip dari BBC.

"Termasuk sebagai tonggak bagi perusahaan dan langkah penting berikutnya dalam mencapai target menu bebas daging 50 persen pada 2030," lanjutnya.

Menurut perwakilan Burger King Inggris tersebut, target 50 persen menu bebas daging pada 2030 nanti mampu mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 41 persen.

Baca juga:

Selain itu, keberadaan menu berbasis nabati juga dinilai dapat membantu banyak vegan di Inggris memilih menu yang sesuai.

Seperti dikutip dari Vegan Society, jumlah vegan di Britania Raya pada 2019 lalu mencapai 600 ribu. Jumlah ini empat kali lebih banyak dibandingkan lima tahun sebelumnya.

Sebagian dari jumlah vegan di Britania Raya tertarik mengurangi konsumsi daging karena alasan kesehatan, berat badan, hingga kesejahteraan hewan dan kepedulian lingkungan.

Sebelum nugget vegan, Burger King juga telah meluncurkan sajian plant-based Rebel Whopper pada dua tahun lalu.

Namun, sajian tersebut dirasa tidak cocok untuk vegan karena dimasak menggunakan panggangan yang sama untuk memasak sajian dengan daging hewani.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com