Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Warga Terdampak Covid-19, Restoran di Belanda Bikin Burger Termahal

Kompas.com - 27/07/2021, 18:34 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang pemilik restoran belanda De Daltons, Robbert Jan de Veen membuat burger termahal dengan harga 5.964 dolar atau sekitar Rp 86 juta.

Melansir Esquire Middle East, tujuan Veen membuat burger mahal itu adalah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan selama pandemi Covid-19.

Burger tersebut dilabeli dengan harga 4.200 euro (sekitar Rp 71 juta) yang jelas bukan untuk satu orang. Saya pikir saya bisa melakukan yang lebih baik dari itu. Ini benar-benar sebuah tantangan untuk membuat hidangan mahal untuk satu orang,” kata Veen kepada Esquire.

Baca juga: Deli Premium Hadir di Senopati Jaksel, Banyak Variasi Sandwich dan Burger

Pada 28 Juni 2021, burger mahal milik Veen resmi dijual kepada seorang konglomerat Remia International di Belanda pada 28 Juni 2021 dengan harga 5.964 dolar atau sekitar Rp 86 juta.

Hasil penjualan burger yang dijuluki 'The Golden Boy' itu disumbangkan ke organisasi nirlaba yang membantu bank makanan di Belanda.

Veen mengatakan, total uang hasil penjualan burger miliknya akan membantu badan amal untuk membeli hampir 1.000 paket makanan untuk mereka yang membutuhkan.

Baca juga: Resep Burger Tanpa Daging, Pakai Kacang Hitam dan Ubi

White truffle dari Piedmont, Italia. SHUTTERSTOCK/MAURIZIO MILANESIO White truffle dari Piedmont, Italia.

Bahan mahal

Dibutuhkan waktu selama lebih dari lima bulan untuk menciptakan burger mahal ini.

Veen menghabiskan lima bulan untuk memilih bahan-bahan yang akan digunakan, menemukan kombinasi bahan yang tepat, dan membuat resep burger yang sempurna.

Akhirnya, Veen memutuskan untuk membuat burger berisi bahan-bahan mahal.

Beberapa bahan tersebut adalah daging sapi wagyu jepang, kaviar beluga, kepiting raja alaska, truffle putih, serta lapisan emas yang dapat dimakan untuk menutup burger.

“Bahan-bahannya saling melengkapi dan rasanya sangat kuat. Meskipun burger ini sangat mahal, kamu tetap harus menggunakan tangan untuk memakannya. Karena bagian atas burger ditutupi daun emas, jari-jari tangan akan menjadi emas pada saat selesai makan," ujar Veen.

Baca juga: Resep Mac Dunaldu ala Drama Mr. Queen, Burger Patty Tempe

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com