Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Masak Abalone agar Empuk, Kukus dengan Kuah Kaldu

Kompas.com - 06/02/2022, 17:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Abalone ialah jenis siput laut yang memiliki tekstur daging kenyal. Pengolahannya harus dilakukan secara hati-hati supaya daging abalone tidak rusak.

Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu, mengatakan setiap abalone memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu penting mengetahui jenis abalone sebelum mengolahnya.

"Abalone yang ada di Indonesia umumnya berasal dari China, Chili, Afrika Selatan, dan Australia. Masing-masing punya karakter yang berbeda, termasuk tingkat kelembutan dagingnya," kata Stefu daat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Kamis (3/2/2022).

Supaya daging abalone terasa lebih lembut, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu mengukus daging abalone.

Baca juga:

Ilustrasi abalone yang sudah dimasak di clay pot. SHUTTERSTOCK/TY LIM Ilustrasi abalone yang sudah dimasak di clay pot.

"Kalau dari saya, langkah pertama saya akan membuat kuah kaldu terlebih dahulu, setelah itu saya kukus dagingnya," katanya.

Ada banyak jenis bumbu yang digunakan untuk mengukus abalone, bisa menggunakan tambahan suas tiram, soya, seledri, dan daun bawang. Bumbu yang digunakan tergantung olahan apa yang ingin dibuat.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus abalone termasuk lama, hal ini tergantung pada  jenis, ukuran, dan jumlah abalone yang diolah.

Stefu mengatakan abalone terakhir yang ia buat yakni abalone dari China, dan ia memerlukan waktu selama dua jam untuk mengukusnya.

Setelah daging abalone dikukus menggunakan kuah kaldu, daging siap diolah menjadi berbagai makanan. Stefu mengatakan ada yang langsung mengiris tipis daging abalone dan ada juga yang menyajikan daging abalone dalam kondisi utuh di piring saji. 

Sejalan dengan Stefu, Executive Chef Aston Banyuwangi Gelar mengatakan teknik kukusan bisa membantu melembutkan daging abalone.  Racikan air kaldu untuk kukusan pun akan berpengaruh kepada rasa abalone nantinya.

Gelar mengatakan ada beberapa bahan yang perlu ditambahkan untuk membuat kuah kaldu abalone.

Benerapa di antaranya yaitu jahe, kecap ikan, kecap asin,  gula batu, ketumbar, bawang putih, dan bumbu khas China. 

"Setelah bumbu tersebut dijadikan bahan kukusan abalone, sisa air kukusan tadi nanti bisa dijadikan sebagai saus siram untuk abalone. Caranya, tambahkan sedikit tepung maizena ke dalam air kukusan supaya tekstur saus menjadi kental," kata Gelar saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Minggu (6/2/2022).

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com