Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bisa Bikin Gempol Pakai Tepung Beras Instan?

Kompas.com - 18/11/2021, 11:08 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Gempol terbuat dari tepung beras yang dikukus lalu dibentuk menjadi bulatan. Sajian ini biasa disandingkan dengan bubur maupun es tradisional khas Indonesia. 

Dakiyah, pemilik Jenang Gempol Bu Yah, mengatakan bahwa ia biasa menggunakan tepung beras buatan sendiri untuk membuat gempolnya. 

Namun ada pula yang coba membuat gempol memakai tepung beras instan. Lantas, apakah bisa membuat gempol menggunakan tepung beras instan? 

Baca juga:

Ilustrasi tepung beras ketan, biasa dipakai untuk bikin jajanan pasar. SHUTTERSTOCK/XPHOTOGRAPHY Ilustrasi tepung beras ketan, biasa dipakai untuk bikin jajanan pasar.

Menurut Dakiyah, penggunaan tepung beras instan tidak dianjurkan karena hasilnya akan berbeda.

Gempol yang terbuat dari tepung beras instan biasanya memiliki tekstur sedikit kenyal. Sementara, gempol yang bagus seharusnya bertekstur lembut dan pulen.  

"Oh enggak jadi, itu kan rasanya lain, agak apek, enggak bisa. Itu nanti jadinya alot kayak cimol, kayak yang di wedang ronde itu, enggak bisa kalau beli tepung beras, harus giling sendiri. Kalau yang itu enggak bisa," ujar Dakiyah.

Baca juga:

Bahkan menurut Dakiyah, jenang atau bubur sumsum gula merah yang terbuat dari tepung beras instan hasilnya pun akan berbeda dengan tepung beras buatan sendiri.

"Jenangnya pakai itu saja rasanya beda, kalau pakai yang itu saja rasanya beda, enggak bisa," tambahnya.

Ilustrasi gempol, olahan tepung beras kukus yang disajikan dengan bubur sumsum gula merah. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi gempol, olahan tepung beras kukus yang disajikan dengan bubur sumsum gula merah.

 

Kendati demikian, ada pula yang berhasil membuat gempol memakai tepung beras instan.

Dalam resep jenang gempol yang dituliskan pada buku “100 Resep Kolak Favorit” oleh Dapur Alma terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, bahan gempolnya memakai tepung beras dengan sedikit tambahan tepung kanji. 

Namun hasilnya bisa jadi berbeda dengan gempol yang terbuat dari tepung beras gilingan. 

Dakiyah juga mengatakan bahwa proses pembuatan gempol ini cukup rumit, karena memakan waktu lama. Bahkan pencucian berasnya pun dilakukan sekitar satu jam supaya gempolnya awet dan warnanya putih bersih. 

"Ini saya nyuci berasnya juga jam-jamnya lo, kalau enggak bersih itu nanti gempolnya enggak awet, enggak putih. Paling enggak satu jam. Enggak kayak orang nyuci beras biasa," tutup Dakiyah. 

Buku “100 Resep Kolak Favorit” oleh Dapur Alma terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com