Kompas.com - 18/11/2021, 10:03 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Gempol adalah makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras yang dibulatkan lalu dikukus.

Gempol bisa digunakan sebagai pelengkap es atau bubur tradisional. Di Yogyakarta, gempol disandingkan dengan bubur sumsum gula merah dan kuah santan. 

Sajian tersebut dikenal dengan nama jenang gempol. 

Baca juga:

Pemilik Jenang Gempol Bu Yah, Dakiyah, membagikan cara membuat gempol secara ringkas.

Dalam penuturannya, Dakiyah mengatakan bahwa bahan untuk membuat gempol miliknya yaitu tepung beras buatan sendiri, bukan tepung beras instan.

Untuk membuatnya, beras dicuci lalu direndam terlebih dulu kemudian digiling. Setelah menjadi tepung, bahan tersebut lalu dikukus dan diuleni hingga menjadi adonan gempol.

"Bikinnya itu dari tepung beras, dikukus. Nanti tepungnya digumpal jadi satu, kalau sudah diuleni, terus dibuletin," tutur Bu Yah kepada Kompas.com pada Minggu (14/11/2021).

Ilustrasi tepung beras ketan, biasa dipakai untuk bikin jajanan pasar. SHUTTERSTOCK/XPHOTOGRAPHY Ilustrasi tepung beras ketan, biasa dipakai untuk bikin jajanan pasar.

Menurut Dakiyah, beras yang digunakan untuk membuat gempol tidak bisa sembarangan, hanya beras yang teksturnya keras.

Dakiyah sendiri memakai beras jenis IR yang didapat langsung dari petani.

"Ini berasnya harus yang lebih keras lagi, jadi berasnya enggak sembarangan. Itu berasnya IR36. Kalau beras yang dijual itu enggak jadi, ambyar nanti. Jadi ini harus dari petani," ungkap Dakiyah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.