Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kuliner Legendaris Sekitar Gedung Sate Bandung, Ada Sate Jando dan Roti Gempol

Kompas.com - 04/11/2020, 10:46 WIB
Ryana Aryadita Umasugi,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seputaran Gedung Sate, Bandung menjadi salah satu pusat kuliner yang bisa dijajal apabila tengah bertandang ke Kota Kembang tersebut.

Sejumlah tempat atau warung makan bahkan telah berusia puluhan tahun. Berikut 7 tempat kuliner yang bisa dikunjungi di sekitar Gedung Sate Bandung :

Baca juga: 15 Tempat Sarapan di Bandung, dari Bubur Ayam sampai Yoghurt

1. Sate Jando

Ilustrasi sate jando, terbuat dari lemak sapi.SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Ilustrasi sate jando, terbuat dari lemak sapi.

Sate Jando bisa ditemui tepat di belakang Gedung Sate. Sate Jando sendiri dibuat dari payudara sapi bagian dalam tetapi bukan bagian lemak.

Baca juga: Bikin Pembeli Rela Antre Berjam-jam, Ini Sate Jando yang Trending di Bandung

Ada tiga macam sate yang bisa dipilih, yaitu sate ayam, sapi, dan payudara sapi. Seporsi sate berisi 10 tusuk termasuk lontong. Sebelum dibakarm, sate lebih dulu diberi bumbu seperti jahe dan kunir, sehingga rasanya khas.

kemudian, sate disiram bumbu kacang yang sangat kental, kecap, dan sambal. Seporsi sate bisa dibanderol Rp 25.000.

2. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol bisa menjadi rekomendasi apabila kamu mencari sajian kupat tahu di Bandung. Sarapan nikmat nan legendaris ini sudah ada sejak 1970-an.

Kupat tahu disajikan terdiri dari ketupat, tahu goreng, tauge rebus, dan disiram dengan saus kacang yang halus. Ciri khasnya, bumbunya halus dan legit bila dimakan bareng kerupuk.

Untuk lokasinya sendiri, terletak di Jalan Gempol, dan bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki selama sekitar lima menit dari Gedung Sate. Kupat Tahu ini buka setiap hari pukul 06.00 - 12.00 WIB. Seporsi kupat tahu dijual seharga Rp 18.000.

3. Roti Gempol

Roti Gempol di Bandung.Dok. Shutterstock/surilokacipta Roti Gempol di Bandung.

Roti Gempol ini termasuk jajanan legendaris karena telah berdiri sejak 1985. 

Terdapat dua jenis roti yang menjadi unggulan, yakni roti tawar putih dan roti tawar gandum. dan yang menjadi adalah roti gandum.

Meski dibuat dari gandum, Roti Gempol disebut sangat lembut dan enak. Untuk isiannya pun bisa di diorder dengan berbagai varian mulai dari selai stroberi, cokelat, kacang, susu, hingga srikaya. 

Bagi kalian yang ingin menikmati Roti Gempo, bisa langsung ke Jalan Gempol Wetan, Nomor 14 atau bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar lima menit dari Gedung Sate. Untuk harga rotinya pun cukup bervariasi mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 50.000.

4. Yoghurt Cisangkuy

Camilan di Yoghurt Cisangkuy, Bandung. Dok. Tribun Jabar/ Fasko Dehotman Camilan di Yoghurt Cisangkuy, Bandung.

Terletak di Jalan Cisangkuy Nomor 66, tempat makan ini bisa diakses sekitar 5 menit dari Gedung Sate dan Museum Geologi. Yoghurt Cisangkuy jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin mencari minuman segar.

Konon kafe ini telah berdiri sejak 1976. Kafe tersebut menyediakan dua jenis yoghurt berbeda dengan tekstur kental dan jus.

Pembeli pun diberi berbagai pilihan rasa aneka buah seperti leci, anggur, nanas markisa, dan stroberi. Adapula rasa seperti moka, cokelat, sampai tape.

Selain minuman, kafe ini juga menyediakan berbagai makanan seperti roti bakar, mie, hingga nasi goreng.

Minuman yoghurt dipatok dengan harga Rp 25.000 per gelas, berbeda tergantung rasa. Yoghurt Cisangkuy buka setiap hari pukul 08.00 - 20.30 WIB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com