Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fungsi Cuka Apel dalam Masakan, Bisa Jadi Pengempuk Daging

Kompas.com - 21/10/2021, 12:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Cuka apel merupakan salah satu jenis cuka yang memiliki banyak manfaat. Selain bagus untuk kesehatan, cuka apel juga bisa dipakai untuk memasak. 

Beberapa olahan daging, salad, maupun saus akan lebih nikmat jika diberi tambahan cuka apel. Namun sebetulnya, apa fungsi cuka apel untuk memasak? Berikut penjelasannya. 

Baca juga:

1. Menambah rasa 

Melansir dari Healthline, cuka apel dapat menambah rasa pada makanan yang dipanggang, saus, atau sajian berkuah. Hal tersebut berkat kandungan asam di dalamnya.

Asam inilah yang bisa memecah permukaan makanan, sehingga membuat bumbunya lebih meresap. 

Ilustrasi cuka apel di dalam gelas dan botol. UNSPLASH/ Towfiqu barbhuiya Ilustrasi cuka apel di dalam gelas dan botol.

2. Mengempukkan daging 

Kegunaan cuka apel lainnya yakni untuk mengempukkan daging, seperti dilansir dari Taste of Home. Oleh karena itu, kamu bisa memakainya untuk bumbu marinasi daging maupun ayam.

Baca juga:

3. Penyegar saus salad dan minuman

Cuka apel mengandung asam yang menyegarkan. Melansir dari Master Class, menambahkan cuka apel dalam saus salad dapat membuat rasanya lebih segar. 

Selain makanan, cuka apel pun bisa dipakai untuk minuman. Kamu bisa menambahkannya pada minuman dingin agar mendapatkan sensasi rasa yang menyegarkan.

Bakteri tidak suka tumbuh di lingkungan asam, sehingga obat kumur cuka sari apel atau cuka putih dapat mengurangi pertumbuhan bakteri, yang pada akhirnya dapat dicoba sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Bakteri tidak suka tumbuh di lingkungan asam, sehingga obat kumur cuka sari apel atau cuka putih dapat mengurangi pertumbuhan bakteri, yang pada akhirnya dapat dicoba sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.

4. Mengawetkan makanan

Dalam laman Master Class juga disebutkan bahwa cuka apel bisa menjadi bahan pengawet alami untuk hidangannya. 

Baca juga: Mengenal Sauerkraut, Fermentasi Kol Khas Jerman yang Kaya Manfaat

Pasalnya, cuka apel memiliki rasa yang lebih manis daripada wine vinegar. Penggunaannya bisa untuk berbagai makanan fermentasi, misalnya saja fermentasi sayuran.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com