Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Air Terjun Tertinggi di Dunia, Ada di Mana Saja?

Kompas.com - 04/12/2023, 14:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Air terjun adalah aliran sungai atau badan air lainnya yang jatuh dari tebing berbatu ke dalam kolam, tampungan, atau aliran lain di bawahnya.

Proses erosi, pengikisan bumi, berperan penting dalam pembentukan air terjun, dan bersamaan dengan itu, air terjun juga berkontribusi terhadap erosi.

Ada banyak air terjun yang tersebar di seluruh dunia dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Angel Falls disebut sebagai air terjun tertinggi di dunia.

Baca juga: 7 Tempat Paling Aneh di Dunia, Ada Air Terjun Darah


Berikut ini adalah daftar 7 air terjun tertinggi di dunia:

1. Angel Falls, Venezuela

Menurut Guinness World Records, Angel Falls, juga dengan nama Kerepakupai Merú, alias Salto Ángel memiliki total ketinggian 979 meter.

Air terjun ini terletak di cabang Sungai Carrao, anak sungai bagian atas Sungai Caroní, di Venezuela timur.

Ia muncul dari gunung dengan puncak datar, yang dikenal sebagai Auyán tepui, di hutan tropis lebat Taman Nasional Canaima di negara bagian Bolívar.

Nama Kerepakupai Merú berasal dari budaya asli Pemón dan berarti "air terjun dari tempat terdalam", kadang-kadang juga disebut sebagai Parakupá Vená "jatuh dari tempat tertinggi".

Nama Angel Falls (air terjun malaikat) diberikan setelah pilot Amerika Jimmie Angel mencatat fitur alam tersebut dalam buku catatannya, setelah terbang di atasnya pada 1933.

Baca juga: 5 Geng Motor Paling Terkenal di Dunia

2. Air terjun Tugela, Afrika Selatan

Ilustrasi Air terjun Tugela, Afrika SelatanWikimedia/Juniper339 Ilustrasi Air terjun Tugela, Afrika Selatan

Dilansir dari laman A-Z Animals, air Terjun Tugela terdiri dari lima air terjun bebas, dengan total ketinggian 948 meter.

Air terjun musiman ini berada di Drakensberg di Taman Nasional Royal Natal Afrika Selatan. Terdapat beberapa kontroversi mengenai apakah Angel Falls atau Air Terjun Tugela yang tertinggi di dunia.

Jika ketinggian penuh Angel Falls terbatas hanya penurunan awal, itu hanya mencapai 807 meter. Otomatis Air Terjun Tugela menjadi air terjun tertinggi di dunia secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang Hidup Selama Hampir 5.000 Tahun

3. Air terjun Tres Hermanas, Peru

Air terjun Tres Hermanas, juga dikenal sebagai air terjun Three Sisters (tiga bersaudara), memiliki ketinggian mencapai 914 meter.

Air terjun ini menjadi unik karena aliran air yang jatuh menuruni tiga anak tangganya. Karakteristik inilah yang menjadi inspirasi dari namanya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com