Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biru Jadi Warna Paling Disukai di Dunia, Ini Alasannya

Kompas.com - 26/11/2023, 20:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Warna merupakan kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya.

Dikutip dari laman Encyclopedia Britannica, warna adalah aspek obyek apa pun yang dapat dijelaskan dalam bentuk hue (rona), lightness (kecerahan), dan saturasi.

Dalam fisika, warna dikaitkan secara khusus dengan radiasi elektromagnetik pada rentang panjang gelombang tertentu yang terlihat oleh mata manusia.

Radiasi dengan panjang gelombang tersebut merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik yang dikenal sebagai spektrum tampak, yaitu cahaya.

Baca juga: 5 Hantu Paling Populer di Dunia


Warna akan dapat terlihat dengan jelas jika ada lebih banyak cahaya. Suatu benda tampak berwarna karena cara ia berinteraksi dengan cahaya.

Fisiologi warna melibatkan respons mata dan otak terhadap cahaya dan data sensorik yang dihasilkannya.

Secara umum ada 12 warna dalam color wheel (roda warna), yakni diagram untuk merepresentasikan warna dari spektrum yang terlihat dan hubungannya satu sama lain.

Warna-warna tersebut disusun secara sistematis menjadi sebuah lingkaran, yang terbagi ke dalam tiga kategori: primer, sekunder, dan tersier.

Baca juga: Mengenal Route 66 dan Alasan Mengapa Jalan Raya Ini Sangat Populer

Ada tiga warna primer yakni merah, kuning, dan biru. Tiga warna sekunder (oranye, hijau, ungu), yang masing-masing hadir dari campuran dua warna primer.

Kemudian enam warna tersier yakni vermilion (merah-oranye), amber (kuning-oranye), chartreuse (kuning-hijau), teal (biru-hijau), nila (biru-ungu), dan magenta (merah-ungu).

Warna tersier terbentuk dengan mencampurkan warna primer dengan warna sekunder yang berdekatan, sehingga menghasilkan warna perantara.

Baca juga: Mengenal 5 Gerakan Seni Modern Paling Populer

Warna paling populer di dunia

Ilustrasi roda warna.iStockphoto/gstraub Ilustrasi roda warna.

Warna favorit bagi setiap orang adalah relatif, tergantung pada preferensi mereka terhadap apa yang terkait dengan warna kesukaan mereka.

Selain itu, warna favorit umat manusia juga tidaklah konstan. Jawabannya bisa berbeda-beda tergantung tahun, metode survei, dan populasi sampel.

Dilansir dari laman Live Science, survei YouGov pada tahun 2015 menemukan bahwa biru adalah warna paling populer di seluruh dunia.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com