Benarkah Konsumsi Kopi Dapat Mengecilkan Payudara? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 28/02/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi minum kopi. PEXELS/BURSTIlustrasi minum kopi.

KOMPAS.com - Sebuah twit yang menyebut bahwa seringnya mengonsumsi kopi dapat mengecilkan ukuran payudara, beredar di Twitter pada Jumat, (26/2/2021).

"Minum kopi bikin payudara tepos," tulis akun Twitter @cigeraftersex.

Twit tersebut telah di-retwit sebanyak 20 kali dan telah disukai sebanyak 61 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Selain itu, pemilik akun @cigeraftersex ini menambahkan tangkapan layar yang menyebutkan bahwa wanita yang terlalu sering minum kopi bisa membuat payudara mengecil. 

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan akibat Terlalu Banyak Minum Kopi, Menurut Sains

Sejumlah komentar membalas twi tersebut. Di antaranya akun @dagantigantisih yang menyebut hal itu mungkin berhubungan dengan penurunan berat badan efek dari konsumsi kopi. 

"Klo mnum kopi cuma sekali sehari ya ngga. Kecuali lu mnum min 3 kali sehari/berlebihan itu mngkin bisa, nah yg dimksud disini kyaknya bukan bkin tt tepos tp kopi bisa ngebantu nurunin berat badan, nah otomatis klo bb lu turun lemak di tt lu jg bakalan nyusut," tulis dia. 

Namun ada pula komentar yang mengatakan, walaupun sering mengonsumsi kopi namun payudara tidak serta merta mengecil. 

Lantas, benarkah hal tersebut?

Penjelasan dokter

Dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Hospital, Jakarta Selatan, dr Inge Permadhi SpGK mengungkapkan, hal yang dapat mengecilkan payudara yakni turunnya lemak.

"Yang dapat mengecilkan payudara apabila orang menjadi kurus dan lemaknya menjadi lebih sedikit," ujar Inge saat dihubungi Kompas.com, Minggu, (28/2/2021).

Baca juga: Kapan Saat Terbaik untuk Meminum Kopi?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X