Bertambah 4, Kini Ada 12 Stasiun yang Layani Tes GeNose, Mana Saja?

Kompas.com - 28/02/2021, 14:45 WIB
Petugas memeriksa sampel napas GeNose C19 calon penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). Mulai 5 Februari 2021, PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas memeriksa sampel napas GeNose C19 calon penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). Mulai 5 Februari 2021, PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh.

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah 4 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C19 mulai hari ini, Minggu (28/2/2021).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, 4 stasiun tersebut yakni Stasiun Purwokerto, Madiun, Malang, dan Surabaya Gubeng.

Sebelumnya, layanan GeNose C19 telah beroperasi di 8 stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi.

Dengan demikian, jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 saat ini menjadi 12 stasiun.

Baca juga: [HOAKS] Alat Tes Covid-19 GeNose Dijual Online dengan Harga Rp 90 Juta

Berikut rinciannya:

  1. Stasiun Pasar Senen
  2. Stasiun Gambir
  3. Stasiun Bandung
  4. Stasiun Cirebon
  5. Stasiun Semarang Tawang
  6. Stasiun Yogyakarta
  7. Stasiun Solo Balapan
  8. Stasiun Surabaya Pasarturi
  9. Stasiun Purwokerto
  10. Stasiun Madiun
  11. Stasiun Malang
  12. Stasiun Surabaya Gubeng.

Baca juga: Mulai Diterapkan di Sejumlah Stasiun, Ini Cara Tes Covid-19 Menggunakan GeNose

Joni mengatakan, penambahan stasiun yang bisa melayani pemeriksaan GeNose C19 adalah wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah.

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021 dan SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021," ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (28/2/2021).

Lebih lanjut, Joni menerangkan bahwa pihaknya akan menambah layanan ini secara bertahap di stasiun lainnya.

Diharapkan, stasiun yang dapat melayani pemeriksaan GeNose C19 totalnya akan tersedia di 44 stasiun.

"Sedang dikaji, di koordinasikan dan dievaluasi. Pada prinsipnya, kita rencanakan secara bertahap membuka layanan GeNose sehingga nantinya tercapai 44 stasiun," terang Joni.

Baca juga: INFOGRAFIK: Tahapan Pemeriksaan Covid-19 di Stasiun Kereta dengan GeNose

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X