Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2021, 11:01 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber eatthis

KOMPAS.com - Bukan hanya mengusir kantuk, dalam jumlah yang tepat, kopi terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, beberapa studi mengaitkan kopi dengan risiko kematian dini yang lebih rendah.

Namun, seperti halnya dengan makanan atau minuman lain, ada beberapa efek samping yang justru buruk untuk kesehatan, jika terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein ini.

Berikut ini lima efek buruk minum kopi pada kesehatan, jika Anda meminumnya terlalu banyak.

1. Tidur terganggu

Minum secangkir kopi di pagi hari mungkin akan membuat tubuh terasa lebih berenergi. Tapi, meminumnya di sore hari dapat mengganggu kemampuan Anda beristirahat dengan tenang di malam hari.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan, bahwa minum kafein hingga enam jam sebelum waktu tidur dapat mengganggu sekitar satu jam tidur setiap malam.

Oleh karena itu, pastikan untuk berhenti minum kopi tepat setelah makan siang, agar Anda mendapatkan istirahat malam yang nyenyak.

Baca juga: 6 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Menurut Ahli Gizi

2. Tingkat stres meningkat

Secangkit kopi dapat memberi keajaiban saat Anda memulai hari, tapi terus-menerus meminum kopi sepanjang hari dapat membuat Anda semakin stres.

Kortisol, hormon stress adalah sebagian besar penyebab reaksi ini, dan mengonsumsi kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan kadar kortisol Anda meningkat.

Faktanya, satu studi dari The Ohio State University mengungkapkan, kafein menyebabkan tekanan darah dan norepinefrin- hormon lain yang terlibat dalam pengaturan stres - meningkat, bahkan ketika sedang beristirahat.

3. Heartburn atau asam lambung naik

Dalam penelitian baru-baru ini yang diterbitkan oleh JAMA, salah satu perubahan gaya hidup yang direkomendasikan yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko gastroesophageal reflux disease (GERD), yang mana gejala utamanya adalah heartburn dan refluks asam lambung— adalah mengurangi asupan kopi harian.

Jika Anda sudah mulai rentan mengalami heartburn atau refluks asam lambung, sebaiknya batasi konsumsi kopi Anda menjadi dua cangkir sehari.

Baca juga: Jangan Minum Kopi Sebelum Sarapan, Studi Jelaskan Alasannya

Halaman:
Sumber eatthis
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com