Marak Joki Kartu Prakerja, Jangan Percaya jika Dijanjikan Pasti Lolos

Kompas.com - 28/02/2021, 15:55 WIB
Banyak pekerja yang di-PHK berusaha mendaftarkan diri untuk mendapat bantuan lewat skema Kartu Prakerja ADITYA PRADANA PUTRA/AntaraBanyak pekerja yang di-PHK berusaha mendaftarkan diri untuk mendapat bantuan lewat skema Kartu Prakerja

KOMPAS.com - Maraknya tawaran joki untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat program Kartu Prakerja ramai di media sosial.

Ada akun yang menggunakan nama "joki prakerja", ada pula akun-akun yang secara terbuka menawarkan jasa pendaftaran Kartu Prakerja

"Cpns dijokiin, prakerja dijokiin, bantuan UMKM dijokiin. Program pemerintah itu kayak gula. Joki itu kayak semut. Jadi, ada gula pasti ada joki," tulis sebuah akun di Twitter.

Sementara, yang menawarkan jasa pendaftaran alias joki untuk program Kartu Prakerja, menuliskan twit, "Open Joki Pakerja. Minat DM dan isi formulir kami. Sisanya terima beres uang masuk tiap bulan & seminar autopilot," tulis sebuah akun.

Hal ini juga menjadi perhatian penyelenggara Kartu Prakerja.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengingatkan, jika ada joki Kartu Prakerja yang menjanjikan lolos, maka hal tersebut bisa dipastikan merupakan penipuan.

"Perlu diklarifikasi dulu definisi joki di sini. Kalau dia menawarkan membantu membuat akun dengan imbalan tertentu, maka itu menjadi soal perjanjian antara 2 pihak. Kalau definisi joki adalah orang yang menjamin seseorang bisa lolos seleksi maka itu adalah penipuan," ujar Louisa saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/2/2021).

Baca juga: Siap-siap, Ini Jadwal Pembukaan Pendaftaran Prakerja Gelombang 13

Semuanya diverifikasi sistem

Louisa menegaskan, seluruh proses seleksi di Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem, sehingga proses seleksi Prakerja tidak ada campur tangan manusia.

Ia mengatakan, jika ada yang merasa menjadi korban joki Prakerja, maka dapat melaporkannya kepada pihak berwajib.

"Nah, kalau soal joki ini memang yang harus melaporkan adalah yang mengalami kerugian," kata dia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X