11 Januari 1964, Ahli Bedah Umum AS Publikasikan Kaitan Rokok dengan Kanker

Kompas.com - 11/01/2021, 10:33 WIB
Ilustrasi rokok ShutterstockIlustrasi rokok

KOMPAS.com - Hari ini 57 tahun lalu, tepatnya pada 11 Januari 1964, Ahli Bedah Umum (Surgeon General) Amerika Serikat, Luther Terry, mengumumkan adanya kaitan antara merokok dengan kanker.

Ahli Bedah Umum adalah kepala petugas medis dari U.S. Public Health Service (USPS), lembaga yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat Amerika Serikat.

Melansir History, pada waktu itu, Terry sepenuhnya menyadari bahwa pengumumannya akan membawa dampak besar.

Oleh karena itu, dia dengan sengaja memilih tanggal 11 Januari, yang saat itu bertepatan dengan hari Sabtu, agar dampak pengumumannya tidak langsung mempengaruhi bursa saham.

Dalam laporannya yang berjudul Smoking and Health, Terry menegaskan, ada kaitan yang jelas antara merokok dengan timbulnya kanker paru-paru dan jantung pada pria.

Laporan itu juga menyebut kaitan yang sama juga berlaku untuk perempuan, meskipun lebih sedikit perempuan yang merokok.

Oleh karena itu, hanya ada sedikit data mengenai hal itu.

Pengumuman Terry menjadi berita penting pada waktu itu, dan merupakan langkah awal dari otoritas kesehatan AS memerangi kebiasaan merokok pada masyarakat.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kebakaran Bioskop Laurier Palace di Kanada, 78 Anak Tewas

Rokok dan kanker

Para peneliti telah lama mencurigai adanya dampak kesehatan yang buruk dari merokok.

Pada tahun 1930-an, kecurigaan itu semakin menguat setelah para ahli kesehatan menemukan adanya peningkatan pada kasus kanker paru-paru.

Halaman:
Baca tentang

Sumber CDC,History
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X