Hari Ini dalam Sejarah: Kebakaran Bioskop Laurier Palace di Kanada, 78 Anak Tewas

Kompas.com - 09/01/2021, 07:20 WIB
Kebakaran terjadi di Laurier Palace Theatre di Montreal, Kanada dan menewaskan 78 anak. @USHistory1927/TwitterKebakaran terjadi di Laurier Palace Theatre di Montreal, Kanada dan menewaskan 78 anak.

KOMPAS.com - Hari ini 94 tahun yang lalu, tepatnya 9 Januari 1927, menjadi hari yang kelam bagi sebagian orang di Montreal, Quebec, Kanada.

Ketika itu, Selasa sore, sebuah teater terbakar dan menewaskan 78 orang yang sebagian besar merupakan anak-anak.

Melansir Montreal Gazette (9/1/2019), kejadian naas itu menimpa Laurier Palace Theatre.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Merebak Flu Burung, Hong Kong Musnahkan 1,2 Juta Ekor Ayam

Ratusan anak-anak

Sebelum peristiwa terjadi, ada ratusan anak-anak di dalam teater tersebut yang tengah menyaksikan penayangan sebuah film bisu atau tanpa suara yang diproduksi perusahaan film Amerika Serikat. 

Film itu berjudul "Get 'Em Young".

Kebanyakan anak-anak itu, bahkan hampir semuanya menonton tanpa didampingi orang dewasa, meskipun aturan saat itu melarang anak berusia di bawah 16 tahun untuk menonton film tanpa pendampingan.

Kebakaran yang terjadi bermula di lantai balkon. Seperti disebutkan sebelumnya, 78 orang yang ada di lantai itu tewas, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar atau remaja muda.

Mereka tewas akibat menghirup asap dan terinjak-injak ketika beramai-ramai menjangkau pintu keluar yang terletak  di sisi timur gedung.

Disebutkan dalam laman Centre de Securite Civile Montreal, kebanyakan korban tewas ditemukan di tangga yang ada di antara balkon dan lobi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penyair Kahlil Gibran Dilahirkan

Penyebab kebakaran

Penyebab kebakaran diduga berawal dari puntung rokok, peristiwa ini kemudian disebut sebagai kebakaran paling menyedihkan yang pernah terjadi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X