Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Kebakaran Bioskop Laurier Palace di Kanada, 78 Anak Tewas

Kompas.com - 09/01/2021, 07:20 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 94 tahun yang lalu, tepatnya 9 Januari 1927, menjadi hari yang kelam bagi sebagian orang di Montreal, Quebec, Kanada.

Ketika itu, Selasa sore, sebuah teater terbakar dan menewaskan 78 orang yang sebagian besar merupakan anak-anak.

Melansir Montreal Gazette (9/1/2019), kejadian naas itu menimpa Laurier Palace Theatre.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Merebak Flu Burung, Hong Kong Musnahkan 1,2 Juta Ekor Ayam

Ratusan anak-anak

Sebelum peristiwa terjadi, ada ratusan anak-anak di dalam teater tersebut yang tengah menyaksikan penayangan sebuah film bisu atau tanpa suara yang diproduksi perusahaan film Amerika Serikat. 

Film itu berjudul "Get 'Em Young".

Kebanyakan anak-anak itu, bahkan hampir semuanya menonton tanpa didampingi orang dewasa, meskipun aturan saat itu melarang anak berusia di bawah 16 tahun untuk menonton film tanpa pendampingan.

Kebakaran yang terjadi bermula di lantai balkon. Seperti disebutkan sebelumnya, 78 orang yang ada di lantai itu tewas, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar atau remaja muda.

Mereka tewas akibat menghirup asap dan terinjak-injak ketika beramai-ramai menjangkau pintu keluar yang terletak  di sisi timur gedung.

Disebutkan dalam laman Centre de Securite Civile Montreal, kebanyakan korban tewas ditemukan di tangga yang ada di antara balkon dan lobi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penyair Kahlil Gibran Dilahirkan

Penyebab kebakaran

Penyebab kebakaran diduga berawal dari puntung rokok, peristiwa ini kemudian disebut sebagai kebakaran paling menyedihkan yang pernah terjadi.

Petugas pemadam kebakaran dan kepolisian segera merapat ke lokasi kejadian usai menerima laporan. Mereka menanganani kobaran api dan mencatat apapun yang terkait dengan kejadian tersebut.

Sebuah foto yang diambil setelah api padam, menggambarkan kondisi balkon teater yang hancur.

Di saat yang sama, terlihat sejumlah orang berlari dengan wajah gelisah ke arah lokasi. Mereka adalah orang tua yang satu atau beberapa anaknya termasuk anak-anak  yang ada di dalam teater saat kebakaran terjadi.

Ada dua keluarga yang kehilangan 3 orang anak dari satu kejadian itu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Jepang Mengebom Pearl Harbor

Aturan pintu darurat bioskop

Akibat kejadian itu, Pemerintah Quebec mengeluarkan undang-ungang yang secara tegas melarang semua anak yang berusia di bawah 16 tahun untuk menonton bioskop.

Selain itu, bagi penyedia teater, undang-undang tersebut juga mengharuskan adanya pintu keluar gedung yang terbuka ke arah luar.

Ketentuan ini berlaku hingga 1961.

Mengutip Reddit, Gereja Katolik Roma pun merekomendasikan undang-undang tersebut hingga kemudian menjadi dasar aturan bioskop modern hari ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com