70 Persen Kapasitas RS Corona Terpakai, Apa Kabar RSKI Pulau Galang?

Kompas.com - 06/09/2020, 20:25 WIB
Pasien Covid-19 yang telah sembuh meninggalkan ruang perawatan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (3/5/2020). ANTARA FOTO/Pradanna Putra Tampi/Mnk/aww.Pasien Covid-19 yang telah sembuh meninggalkan ruang perawatan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (3/5/2020).

KOMPAS.com - Kasus penularan Covid-19 di Indonesia belum mengalami penurunan dan terus melonjak angkanya. Dampaknya kapasitas rumah sakit menampung pasien terus bertambah. 

Beberapa waktu lalu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, angka keterpakaian tempat tidur di rumah sakit Covid-19 di DKI Jakarta sudah tidak ideal.

Dilansir Kompas.com, Selasa (1/9/2020), Wiku mengatakan keterpakaian tempat tidur rumah sakit di ruang isolasi adalah 69 persen.

Sedangkan angka keterpakaian tempat tidur di ICU adalah 77 persen. Adapun, total rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta adalah 67 buah dan 170 rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

Sebelumnya di awal pandemi, pemerintah membangun Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Fasilitas ini diharapkan bisa menjadi persiapan apabila kasus semakin meningkat seperti rumah sakit darurat di Wuhan, China. 

Bagaimana kabarnya fasilitas tersebut? 

Baca juga: Menyoal Rencana Pemindahan Pasien Covid-19 Surabaya ke Pulau Galang

 

Masih merawat pasien Covid-19

Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, saat ini masih merawat 259 pasien Covid-19 hingga Minggu, (6/9/2020).

Adapun 259 pasien itu terdiri dari, 94 orang terkonfirmasi positif Covid-19, dan 165 orang masih dalam status pasien suspect.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, Kolonel Marinir Aris Mudian yang bertugas di RS tersebut mengungkapkan bahwa data pasien positif Covid-19 mengalami penurunan dari hari sebelumnya.

"Saat ini pasien terkonfirmasi positif yang dirawat sebanyak 94 orang. Berkurang 12 orang, semula ada 106 orang yang positif," ujar Aris saat dihubungi Kompas.com, pada Minggu (6/9/2020).

Selain itu, pasien yang rawat inap juga mengalami penambahan orang di mana semula 244 orang kini menjadi 259 orang.

"Untuk pasien yang rawat inap mengalami penambahan yakni 15 orang," lanjut Aris.

Kemudian, untuk pasien suspek pun turut mengalami penambahan jumlah.

Pada Sabtu, (5/9/2020), jumlah pasien suspek yang dirawat di RS Khusus Infeksi Corona Pulau Galang ini sebanyak 138 orang.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X