Sampai Kapan Merapi Akan Terus Erupsi?

Kompas.com - 18/11/2019, 06:32 WIB
Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas letusan pada Senin (14/10/2019). Dok. Kepala PVMBG, KasbaniGunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas letusan pada Senin (14/10/2019).

KOMPAS.com - Gunung  Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DIY masih terus mengalami erupsi dan berstatus waspada sejak 21 Mei 2018.

Terakhir, gunung setinggi 2.930 meter di atas permukaan laut itu terlihat mengeluarkan abu Minggu (17/11/2019) pagi sekitar pukul 10.46 WIB.

Tidak ada satupun pihak yang mengetahui kapan Gunung Merapi akan benar-benar berhenti meletus, termasuk Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi ( BPPTKG).

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan pihaknya hanya bisa memantau dan tidak mengetahui kapan aktivitas vulkanik Merapi akan benar-benar berhenti.

"Tidak bisa ditentukan sampai kapan berhenti. Yang pasti kita pantau terus dan data-data kita informasikan secara menerus," kata Humaida saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/11/2019) petang.

Humaida menjelaskan, erupsi dan aktivitas berkepanjangan yang saat ini terjadi pada Merapi disebabkan karena kecilnya suplai magma di dalam perut gunung.

"Lamanya letusan karena suplai magmanya kecil. Proses erupsi ditentukan oleh kompisisi magmanya, baik kandungan utama misal Si-nya maupun gasnya," jelas dia.

Itulah mengapa, terkadang kita menjumpai sebuah gunung berapi meletus dalam skala besar namun hanya sekali waktu, ada juga yang seperti Merapi, perlahan tapi memakan waktu yang panjang.

"Yang perlu dicatat bahwa Merapi mempunyai banyak karakter erupsi dan saat ini adalah erupsi kecil," ucap Humaida.

Baca juga: Meski Meletus dan Berstatus Waspada, Merapi Masih Mandaliem

Abu Vulkanik

Letusan Merapi pagi tadi menyebabkan dua desa di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dihujani abu vulkanik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X