Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Sehat untuk Mempermanis Kopi Tanpa Tambahan Gula

Selain itu, saat ini kopi juga banyak disajikan dengan beragam bahan tambahan seperti gula, krim, susu, pemanis buatan, dan topping lainnya yang membuat kopi menjadi lebih berkalori.

Meski begitu, sudah bukan rahasia lagi bahwa gula dan pemanis buatan yang Anda masukkan ke dalam kopi bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Diketahui, pemanis mengandung kalori yang tinggi, apabila dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan penambahan berat badan dan memicu diabetes.

Untuk itu, bagaimana membuat kopi menjadi manis dan tetap sehat penting untuk diketahui, terlebih untuk Anda yang penggemar kopi.

Lantas, bagaimana cara sehat untuk mempermanis kopi tanpa tambahan gula?

1. Madu murni

Dilansir dari Live Science, pengganti gula yang bisa Anda coba untuk ditambahkan ke secangkir kopi adalah madu murni.

Meskipun madu murni mengandung lebih banyak kalori dibandingkan gula, namun menurut World Shift International, madu justru bisa membantu menurunkan berat badan.

Madu lebih kecil kemungkinannya dibandingkan gula untuk menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah yang cepat sehingga meningkatkan rasa lapar.

Selain itu, madu juga mengandung vitamin dan mineral, yang di antaranya seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi, belerang, tembaga, yodium, seng, fosfat, vitamin A, vitamin C, dan berbagai vitamin B.

Tak hanya itu saja, madu juga merupakan antioksidan dan berperan sebagai agen antijamur dan antibakteri.

Madu dapat membantu mengendalikan masalah pencernaan seperti diare, gangguan pencernaan, dan sakit maag.

Pada 2010, peneliti dari Universitas Rhode Island menemukan bahwa sirup maple murni mengandung fenolik, yaitu senyawa antioksidan yang sama yang ditemukan dalam buah beri.

Sirup maple murni juga mengandung 13 senyawa antioksidan lainnya, delapan di antaranya eksklusif untuk sirup maple. Senyawa antioksidan ini dilaporkan memiliki sifat anti diabetes, anti kanker, dan anti bakteri.

Penting untuk menggunakan sirup maple murni, karena produk mirip sirup buatan tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama.

Sirup maple akan mempermanis kopi Anda sekaligus menambahkan rasa maple yang khas.

3. Dauh stevia

Stevia adalah pemanis alami tanpa kalori yang diekstraksi dari tanaman stevia Amerika Selatan.

Ekstrak daun stevia bisa mengandung 300 kali lebih manis dari gula, namun tidak berpengaruh pada kadar gula darah sehingga aman bagi penderita diabetes.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "British Journal of Clinical Pharmacology" pada 2000 menemukan bahwa penggunaan stevia secara teratur dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita tekanan darah tinggi.

Stevia juga diklasifikasikan sebagai antimikroba, antiinflamasi, antidiare dan antitumor, menurut Life Extension Magazine.

Karena stevia sangat manis, Anda hanya perlu sedikit untuk mempermanis kopi, jadi mulailah dengan setengah sendok teh lalu sesuaikan dengan selera.

Dikutip dari homegrounds, minyak kelapa menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir berkat manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan fungsi otak hingga penurunan berat badan dan sifat antibakteri.

Menambahkan minyak kelapa ke dalam kopi dapat memberikan manfaat yang lebih besar dari sekedar penambah nutrisi.

Minyak kelapa dapat menghasilkan tekstur krim yang lezat dan rasa kelapa ringan yang dapat Anda tingkatkan lebih lanjut dengan sentuhan santan.

5. Mentega

Menambahkan mentega ke dalam kopi adalah tren yang sedang berkembang, terutama bagi mereka yang mengikuti diet keto atau puasa intermiten.

Kuncinya adalah menggunakan mentega tawar atau ghee berkualitas tinggi yang diberi makan rumput.

Campurkan mentega ke dalam kopi dengan tambahan minyak kelapa untuk menghasilkan suguhan krim yang akan mengekang nafsu makan Anda. Selain itu, ini juga telah terbukti mencegah dampak buruk pasca-penarikan kafein.

6. Garam

Menambahkan garam ke dalam bubuk kopi adalah cara efisien untuk menghilangkan rasa pahit tidak sedap yang terdapat pada beberapa kopi atau untuk mengimbangi rasa air seduh yang tidak enak.

Faktanya, di beberapa daerah tepi laut, penggunaan air asin untuk kopi merupakan tradisi yang sudah berlangsung lama.

Ini bahkan bisa menjadi pilihan yang sehat, karena garam dapat menggantikan natrium yang hilang saat minum kopi.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/28/071500165/6-cara-sehat-untuk-mempermanis-kopi-tanpa-tambahan-gula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke