Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Peralatan Makan yang Berkarat Bisa Memicu Tetanus? Ini Penjelasannya

Meski sudah dilapisi stainless steel, namun jika lapisan sudah mengelupas atau rusak, karat tetap bisa tumbuh di sana sini.

Peralatan makan dan masak yang sering ditumbuhi karat adalah sendok, garpu, pisau, loyang, hingga wajan untuk mengolah sajian. 

Beberapa orang yang tak tahu caranya membebaskan peralatan masak dari karat yang ada akhirnya membuang peralatan masak tersebut demi alasan kesehatan.

Ketakutan terbesar yang dipercaya banyak orang adalah, karat bisa menyebabkan penyakit berbahaya tetanus.

Bakteri tetanus, clostridium, bertahan hidup sangat lama di tanah, debu dan kotoran hewan.

Jadi peralatan makan berkarat baru akan membawa risiko penyakit tetanus jika mereka tergeletak lama di tanah, atau terkontaminasi oleh kotoran hewan.

Ahli dari University of Illinois Urbana Champaign meyakinkan bahwa karat yang masuk ke dalam tubuh lewat peralatan makan tak akan memberi dampak negatif besar bagi kesehatan kita. Asalkan, karat yang ada berada dalam takaran yang kecil.

Namun James H. Woods PhD dari University of Washington menyarankan agar kita tak mengambil risiko dengan tetap menggunakan peralatan makan dan masak yang sudah berkarat.

"Belum ada studi medis yang menyatakan ada bahaya kesehatan yang berasal dari peralatan masak berkarat. Namun alangkah lebih baik jika kita tak mengambil risiko dengan tetap memakainya," paparnya.

Cara membersihkan karat pada perkakas dapur

Meski tak bisa memicu tetanus begitu saja, namun peralatan makan dan peralatan masak yang berkarat tetap memiliki kekurangan.

Dilansir dari Hunker, karat pada iron pan atau wajan besi bisa merusak aroma dan citarasa daging dan ikan yang dipanggang di dalamnya.

Jadi ketika Anda melihat ada peralatan makan atau peralatan masak yang sudah mulai ditumbuhi karat, segera bersihkan dengan maksimal agar sajian tetap bisa terhidang sempurna.

Cara pertama adalah basahi peralatan masak Anda, kemudian taburi dengan baking soda. Biarkan selama beberapa jam agar karat bersenyawa dengan baking soda.

Setelah itu gosok sendok dan garpu menggunakan serabut kawat atau spons yang bertekstur kasar. Cuci kemudian bilas hingga bersih.

Cara kedua, tuang larutan cuka ke dalam wadah dan rendam bagian sendok atau garpu yang berkarat di dalamnya. Biarkan semalaman, baru paginya gosok dengan serabut kawat hingga bersih. 

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/22/131500665/apakah-peralatan-makan-yang-berkarat-bisa-memicu-tetanus-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke