Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Muhardis
PNS

Saat ini bekerja sebagai periset di Pusat Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas, BRIN

Makan Siang (Bergizi) Gratis

Kompas.com - 26/05/2024, 10:52 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com menetaskan berita dengan judul “Saat Prabowo Ubah Nama Program Makan Gratis Jadi Makan Bergizi Gratis untuk anak-anak” (Kompas.com, 23/5/2024). Ada apa dengan sebuah nama?

Mengutip William Shakespeare “Apalah arti sebuah nama? Apa yang kita sebut mawar/Dengan nama lain akan berbau harum.”

Kutipan ini dapat kita temukan dalam Romeo dan Juliet, Babak II Adegan II. Lihat W. Burnett Harvey, The Challenge of the Rule of Law, 59 Michigan Law Review (1961), 603.

Kata “mawar” diberikan sebagai nama bunga yang tanaman perdu suku Rosaceae, meliputi ratusan jenis, tumbuh tegak atau memanjat, batangnya berduri, bunganya beraneka warna, seperti merah, putih, merah jambu, merah tua, berbau harum (KBBI).

Nama bunga mawar tersebut dikenal dan dipakai oleh orang Indonesia. Bagaimana dengan orang-orang di negara lain menamai bunga mawar tersebut? Orang Bulgaria, Makedonia, dan Italia juga menamainya dengan nama mawar.

Berbeda halnya dengan orang Swedia, Hongaria, Lituania. Secara berurutan mereka menamai bunga mawar dengan Ros, Rózsa, dan Rož.

Meski berbeda dalam penamaan, objek yang dituju tetap sama, sama-sama berkategori nomina, yakni bunga yang didefinisikan KBBI di atas.

Lantap apa hubungannya dengan Makan Siang Gratis dengan Makan Bergizi Gratis?
Jelas beda.

Kata “siang” pada frasa makan siang gratis berkategori adverbia atau kata keterangan. KBBI mendefinsikan kata siang sebagai ‘bagian hari yang terang (yaitu dari matahari terbit sampai terbenam).’

Sementara kata “bergizi” pada frasa makan bergizi gratis berkategori verba atau kata kerja. KBBI mendefinisikannya dengan ‘mengandung gizi’, alias makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan badan.

Lalu di mana permasalahannya?

Ya, masalah dong. Penggunaan kata siang mengacu kepada program makan gratis yang diberikan mulai dari matahari terbit sampai terbenam. Artinya, program tersebut boleh saja diberikan pada subjek sepanjang hari mulai siang hingga sore.

Tentunya makan siang tidak mungkin diberikan saat pagi karena makanan yang diberikan pada pagi hari dinamai “sarapan” dan tidak mungkin malam hari karena orang Indonesia mengenal “makan malam”.

Program ini diberikan tergantung kondisi si subjek yang akan diberikan program makan siang gratis tersebut. Bila targetnya adalah siswa, program makan siang tentunya diberikan saat siang hari ketika mereka masih berada di sekolah.

Namun kabarnya menurut Prabowo, kalau makan siang tersebut diberikan pada siang hari, siswa banyak yang sudah pulang sekolah, kebijakan menjadi sia-sia. Sebaiknya, siswa yang masuk pagi diberikan makan pagi (Kompas.com, 23/5/2024).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com