TAP MPRS XXV/1966: Latar Belakang, Isi, Kontroversi, dan Dampak

Kompas.com - 20/01/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat atau disingkat TAP MPR merupakan peraturan perundang-undangan yang secara hierarki berada di bawah Undang-Undang Dasar 1945 dan di atas Undang-Undang/PERPU.

Salah satu TAP MPR/MPRS yang masih berlaku adalah TAP MPRS XXV Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia.

Ketetapan MPR yang berisi tentang pembubaran PKI dan pernyataan PKI sebagai organisasi terlarang adalah Ketetapan MPRS Nomor 25 Tahun 1966.

Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Dalam pasal undang-undang tersebut dijelaskan bahwa TAP MPR atau TAP MPRS yang masuk ke dalam hierarki peraturan perundang-undangan adalah TAP MPR/TAP MPRS tahun 1960 sampai 2002.

Berikut ini latar belakang dikeluarkannya TAP MPRS XXV Tahun 1966 beserta isi, kontroversi, dan dampak yang menyertainya.

Baca juga: PKI: Asal-usul, Pemilu, Pemberontakan, Tokoh, dan Pembubaran

Latar belakang

Pada masa pemerintahan Orde Baru, Presiden Soeharto memutuskan untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 1/3/1966. 

Keputusan tersebut didasarkan hasil pemeriksaan serta putusan Mahkamah Militer Luar Biasa terhadap para tokoh PKI yang dituduh terlibat dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965 atau G30S.

Peristiwa G30S adalah upaya penculikan yang menewaskan enam orang jenderal, satu perwira TNI AD, dan beberapa tokoh lainnya.

Gerakan ini mengakibatkan timbulnya gejolak ketidakpuasan rakyat yang menuntut Tri Tuntutan Rakyat atau Tritura 1966. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber DPR
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.