Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latar Belakang Pembentukan TKR

Kompas.com - 03/04/2024, 23:59 WIB
Yulisha Kirani Rizkya Pangestuti,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia militer Indonesia melewati sejarah yang panjang. Sebelum menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI), angkatan bersenjata Indonesia kerap berganti nama.

Perubahan nama biasanya juga diikuti dengan perubahan susunan organisasi, meski tugas pokoknya selalu sama, yakni menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

TNI merupakan hasil perkembangan dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang dibentuk pada 22 Agustus 1945, atau lima hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Tidak sampai dua bulan kemudian, BKR berubah nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

TKR dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945. Kini, tanggal pembentukan TKR tersebut diperingati sebagai tonggak lahirnya TNI.

Lantas, apa latar belakang pembentukan TKR?

Baca juga: Sejarah Lahirnya TNI

Latar belakang terbentuknya TKR

Pembentukan TKR merupakan respons terhadap kebutuhan akan kekuatan militer yang kuat dan terorganisir setelah proklamasi kemerdekaan.

Kemerdekaan Indonesia yang baru saja diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 terancam oleh berbagai pihak, termasuk kedatangan pasukan Sekutu yang diboncengi tentara NICA, yang berkeinginan untuk kembali menguasai Indonesia.

Setelah proklamasi, pemerintah tidak langsung membentuk tentara nasional karena ingin menghindari konflik bersenjata.

Pasalnya, pada saat itu, masih banyak tentara Jepang dan pihak Sekutu dijadwalkan datang ke Indonesia.

Namun, pembentukan BKR yang bertugas melakukan pemeliharaan keamanan bersama rakyat dan badan negara ternyata tidak membuat golongan muda puas.

Salah satu latar belakang pembentukan Tentara Keamanan Rakyat adalah desakan pemuda akan pentingnya tentara kebangsaan dalam suatu negara.

Mereka melihat keamanan rakyat akan terancam dengan kedatangan tentara Sekutu dan tindakan provokasi dari pasukan Jepang yang masih ada di Indonesia.

Baca juga: Mengapa pada Awal Kemerdekaan Tidak Segera Dibentuk Tentara Nasional?

Atas dasar itulah, pemerintah akhirnya memutuskan pembentukan Tentara Keamanan Rakyat melalui maklumat yang dikeluarkan pada 5 Oktober 1945.

TKR merupakan angkatan perang pertama yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com