Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Olahraga 1-2 Kali Seminggu Bisa Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 23/02/2024, 08:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com -:Menurunkan berat badan tidak hanya perihal mengatur pola makan, tetapi juga meningkatkan aktivitas fisik. Dengan olahraga rutin, proses diet pun menjadi lebih sehat.

Namun, mungkin banyak dari kita yang masih bingung mengenai seberapa sering kita harus berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Terkait hal ini, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menganalisis apakah olahraga secara teratur setiap satu hingga dua kali seminggu dapat menghasilkan penurunan berat badan.

Studi baru ini menemukan bahwa orang-orang yang melakukan total aktivitas fisik selama 150 menit dengan satu atau dua sesi dalam seminggu juga dapat menurunkan berat badan sama seperti individu yang berolahraga secara teratur.

Baca juga: 4 Manfaat Makan Buah Pisang Setelah Olahraga

Menurut Dr. Beverly Tchang, Asisten Profesor Kedokteran Klinis di Weill Cornell Medicine, New York, simpulan utama dari studi ini adalah masyarakat harus aktif dengan cara apa pun yang sesuai dengan gaya hidup mereka.

Personal trainer, Tejal Patel mengatakan, penting untuk dicatat bahwa penelitian tersebut tidak menunjukkan perbedaan penurunan berat badan antara olahraga teratur dibandingkan olahraga hanya di akhir pekan.

Meskipun tidak ada indikasi bahwa berolahraga satu hingga dua kali seminggu sama efektifnya dengan berolahraga lebih sering, namun hasilnya tetap menjanjikan.

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa berolahraga sekali atau dua kali seminggu akan membantu penurunan berat badan. Salah satunya, olahraga membakar kalori dan berkontribusi terhadap perkembangan massa otot, yang keduanya dapat menyebabkan hilangnya lemak.

Terlebih lagi, orang-orang yang hanya olahraga di akhir pekan mungkin memberikan tubuh mereka lebih banyak waktu untuk beristirahat, yang berarti mereka dapat berlatih lebih intens saat berolahraga.

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh jika Olahraga Berlebihan

Meskipun berolahraga satu hingga dua kali seminggu dapat membantu menurunkan berat badan, Patel tidak mengatakan bahwa rutinitas ini lebih baik daripada olahraga teratur sepanjang minggu.

Selain itu, Patel mengingatkan, asupan nutrisilah yang sebagian besar mendorong hilangnya lemak. Sementara itu, olahraga teratur mengoptimalkan bentuk tubuh dan mendorong penurunan lemak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com