Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Tubuh Perlu Istirahat dari Rutinitas Olahraga

Kompas.com - 12/08/2022, 12:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telah diketahui bahwa olahraga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, bahkan membantu menurunkan berat badan.

Namun, olahraga setiap hari dalam 24 jam per 7 hari tidak disarankan lantaran tubuh membutuhkan waktu istirahat atau rest day.

Lantas, mengapa beristirahat ini penting?

Dilansir dari Live Science, Rabu (10/8/2022) selain membantu mencegah cedera, memperbaiki tubuh, dan mengoptimalkan kinerja, satu atau dua hari istirahat penting demi kebugaran.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Kesehatan dan Kebugaran ACSM tahun 2015, terlalu banyak atau kekurangan istirahat dapat mengakibatkan gejala fisiologis dan psikologis yang memengaruhi produktivitas.

Baca juga: Olahraga Vs Diet, Mana yang Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Artinya, memberi kesempatan untuk tubuh agar beristirahat sama pentingnya dengan melatihnya. Berikut beberapa alasan tubuh perlu istirahat dari rutinitas olahraga sehari-hari.

1. Mencegah cedera

Dijelaskan oleh Pelatih Kesehatan Bersertifikat, Pelatih Pribadi, dan Instruktur Kebugaran Grup di American Council on Exercise Araceli De Leon, beristirahat sangat diperlukan guna mencegah cedera, akibat terlalu banyak berolahraga sekaligus mencegah kelelahan.

“Beristirahat dan tidur yang cukup memungkinkan otot, ligamen, tendon, tulang, dan fungsi tubuh utama lainnya seperti sistem endokrin untuk beregenerasi dari berolahraga atau aktivitas fisik yang konsisten," ungkap De Leon.

2. Mengoptimalkan kinerja

Studi yang dipublikasikan di International Journal of Exercise Science membandingkan efek 24, 36, 48, 72 dan 96 jam istirahat pada pria yang melakukan latihan ketahanan.

Para peneliti menemukan, bahwa jarak selama 48 jam antara sesi latihan dengan istirahat, memungkinkan pemulihan yang cukup untuk mengoptimalkan kinerja seseorang.

Baca juga: 8 Manfaat Olahraga Rutin, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com