Kompas.com - 25/07/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Healthline edisi 14 Desember 2021, olahraga teratur telah terbukti meningkatkan laju metabolisme, yang dapat membakar lebih banyak kalori untuk membantu Anda penurunan berat badan.

Selain itu, studi menyebutkan bahwa menggabungkan latihan aerobik dengan latihan ketahanan dapat memaksimalkan pengurangan lemak dan pemeliharaan massa otot, guna mempertahankan berat badan ideal.

Olahraga juga baik untuk kesehatan tubuh dan otak manusia. Berikut delapan manfaat olahraga yang bisa Anda rasakan.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Olahraga

1. Olahraga baik untuk otot dan tulang

Olahraga berperan dalam membangun, mempertahankan otot dan tulang yang kuat. Misalnya saja, angkat besi dapat merangsang pembentukan otot bila dikolaborasikan dengan asupan protein yang cukup.

Sebab, berolahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuannya menyerap asam amino, hingga memicu pertumbuhan tulang.

Berlatih aktivitas fisik secara teratur sangat penting untuk mengurangi kehilangan otot dan mempertahankan kekuatan seiring bertambahnya usia.

Olahraga juga membantu membangun kepadatan tulang saat Anda masih muda, di samping mencegah osteoporosis di kemudian hari.

2. Olahraga dapat menjaga kesehatan kulit

Kondisi kulit dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh. Meskipun aktivitas fisik yang intens dan melelahkan dapat berkontribusi pada kerusakan oksidatif, olahraga ringan yang teratur sebenarnya dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh Anda, yang melindungi sel.

Dengan cara yang sama, olahraga turut merangsang aliran darah, serta menginduksi adaptasi sel kulit yang membantu menunda munculnya penuaan kulit.

3. Olahraga meningkatkan perasaan bahagia

Menurut studi yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information tahun 2016, olahraga terbukti meningkatkan suasana hati, mengurangi perasaan depresi, kecemasan, dan stres.

Kegiatan ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres serta kecemasan, dan dapat meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin maupun norepinefrin, yang meredakan perasaan depresi.

Kemudian, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif ataupun mengurangi persepsi rasa sakit.

Baca juga: Jenis Olahraga Terbaik untuk Menghilangkan Perut Buncit Menurut Sains

Halaman:
Sumber Healthline
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.