Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2022, 11:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Telah diketahui bahwa untuk menurunkan berat badan, sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan salah satu cara yang bisa dilakukan ialah diet. Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga juga memberikan manfaat serupa.

Lantas, mana yang lebih baik dilakukan di antara keduanya? 

Melansir Healthline, Kamis (15/7/2021) untuk menurunkan berat badan, Anda harus berada dalam defisit kalori, artinya tubuh mengeluarkan lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi.

Hal ini dapat dicapai dengan makan dan minum lebih sedikit kalori, membakar lebih banyak kalori dari aktivitas fisik, atau kombinasi antara keduanya. 

Baca juga: Bagaimana Protein Membantu Menurunkan Berat Badan? Sains Jelaskan

Manfaat diet untuk menurunkan berat badan

Meskipun diet dan olahraga penting untuk menurunkan berat badan, umumnya lebih mudah mengatur asupan kalori Anda dengan memodifikasi diet, atau pola makan dibandingkan membakar lebih banyak kalori melalui olahraga.

Inilah mungkin mengapa aturan 80/20 menjadi populer, karena menyatakan bahwa penurunan berat badan adalah hasil dari 80 persen diet dan 20 persen olahraga.

Misalnya, jika Anda menargetkan defisit kalori harian sebesar 500 kalori dapat mengonsumsi 400 kalori lebih sedikit (80 persen) dengan makan makanan rendah kalori, ukuran porsi lebih kecil, dan lebih sedikit camilan.

Namun, Anda hanya perlu membakar 100 kalori (20 persen) dari olahraga.

Bagi banyak orang, itu lebih mudah dibandingkan mencoba membakar 500 kalori setiap hari melalui olahraga. Sebab, membakar kalori sebanyak ini setiap hari membutuhkan banyak gerakan, ditambah memakan waktu, membebani tubuh, dan jarang dilakukan secara berkelanjutan.

Sebagai gambaran, seseorang dengan berat 70 kg perlu bersepeda selama 1 jam dengan intensitas sedang untuk membakar 525 kalori. Sementara itu, mereka dapat mengurangi 520 kalori dengan melewatkan minum minuman berpemanis.

Cara mudah untuk mengelola asupan kalori dan menurunkan berat badan tanpa menghitung kalori adalah dengan fokus pada makan utuh, makanan olahan minimal yang tinggi serat, protein, serta lemak sehat.

Baca juga: 5 Cara Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com