Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Tularkan Virus Cacar Monyet, Monyet di Brasil Diracuni

Kompas.com - 11/08/2022, 17:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Setidaknya ada 10 ekor monyet yang disebut telah diracuni, dalam waktu kurang dari sepekan di kota Sao Jose do Rio Preto, negara bagian Sao Paulo, Brasil. Alasannya, karena dianggap menularkan virus cacar monyet.

Hal itu dilaporkan situs berita Brasil G1 yang juga menemukan bahwa insiden serupa terjadi di kota-kota lain.

Kondisi ini berkaitan dengan merebaknya kasus cacar monyet, yang mana monyet dianggap sebagai hewan pembawa virus.

Menyusul adanya laporan tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa, 9 Agustus 2022 menyatakan kesedihannya atas tindakan penyerangan terhadap monyet-monyet di Brasil, di tengah kekhawatiran penularan cacar monyet atau monkeypox.

Berbagai pihak pun telah mendesak WHO untuk menunjukkan bahwa wabah cacar monyet tidak terkait dengan monyet, setelah kejadian serangan terhadap primata di Brasil meningkat.

Baca juga: Benarkah Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Hubungan Seksual?

Akhirnya, insiden monyet diracuni di Brasil tersebut membuat WHO angkat bicara dan meluruskan terkait penularan cacar monyet sejauh ini hanya terjadi dari manusia ke manusia.

"Hal yang perlu diketahui orang adalah bahwa penularan (cacar monyet) yang kita lihat terjadi di antara manusia," ujar juru bicara WHO Margaret Harris kepada wartawan di Jenewa, Swiss, dilansir dari Independent, Rabu (10/8/2022).

Harris menambahkan, monyet tidak dapat dianggap bertanggung jawab atas mewabahnya penyakit itu.

Menurutnya, meskipun penularan dapat terjadi dari hewan ke manusia, tapi untuk wabah yang terjadi baru-baru ini hanya terkait dengan kontak manusia.

“Kekhawatirannya harus tentang di mana (beredar) dalam populasi manusia dan apa yang dapat dilakukan manusia untuk melindungi diri mereka dari tertular dan menularkannya,” ungkapnya.

Harris turut menekankan agar masyarakat tidak menyerang hewan jenis apa pun, seperti insiden monyet-monyet diracuni di Brasil karena dianggap menularkan virus cacar monyet

Baca juga: Cacar Monyet Banyak Dialami Pria Gay, Dokter Jelaskan Kemungkinan Penyebabnya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com