Menkes Budi: YouTube Periksa Bantu Tingkatkan Sumber Informasi Kesehatan yang Kredibel

Kompas.com - 11/08/2022, 17:30 WIB

 


KOMPAS.com - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meyakini bahwa dengan adanya filterisasi dari pihak Youtube terkait informasi-informasi kesehatan, maka ini akan membantu menekan prevalensi berbagai penyakit di Indonesia serta meningkatkan informasi kesehatan dari sumber-sumber kredibel dan terpercaya.

Menkes Budi menjelaskan, di dunia yang makin digital ini, kita memang perlu membuat informasi-informasi penting tentang kesehatan menjadi lebih menarik lagi bagi masyarakat, tetapi tetap harus kredibel.

“Penyediaan informasi kesehatan yang kredibel adalah upaya yang harus terus dikembangkan secara kolektif antara pemerintah, penyedia layanan kesehatan, masyarakat dan juga penyedia layanan teknologi digital,” kata Budi dalam Peluncuran Fitur Youtube Periksa(Penyedia Ragam Informasi Kesehatan Anda) di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Oleh karena itu, menurut Budi, fitur terbaru Youtube Periksa ini akan menyediakan ruang khusus bagi informasi kesehatan yang kredibel di Youtube, sehingga masyakat dapat mengetahui segala persoalan kesehatan baik fisik maupun psikis dari para ahli di bidangnya masing-masing.

Baca juga: Banyak Hoaks Berkedok Sains Selama Pandemi, Pola Pikir Kritis Bisa Mencegahnya

“Ini juga dapat mengajak masyarakat untuk secara aktif meningkatkan kesadaran kesehatan dengan menggunakan teknologi digital,” ujarnya.

Jika tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan tinggi, maka nantinya akan menekan prevalensi berbagai kasus penyakit di Indonesia.

Youtube Periksa menjadi sumber informasi kesehatan yang kredibel

Dalam upaya meningkatkan pemahaman yang benar terhadap berbagai isu kesehatan; Youtube akhirnya meluncurkan sebuah panel sumber informasi kesehatan baru, bernama Youtube Periksa.

Director and Global Head of Healthcare and Public Health, Youtube Dr Garth Graham, MD mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia sangat meningkat drastis keingintahuan masyarakat tentang isu kesehatan.

“Dalam dua tahun terakhir saja, pencarian informasi kesehatan di Youtube itu tinggi, terutama isu Covid-19 dan vaksinasi,” kata Graham dalam acara peluncuran Youtube Periksa.

Graham yang juga diwawancara ekslusif oleh Kompas.com pada Selasa (9/8/2022) menjelaskan bahwa di Indonesia, ada peningkatan pencarian terkait vitamin (35 persen), perawatan diri (55 persen), upaya meningkatkan imunitas (56 persen) dan kesehatan mental (50 persen).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.